Sukses

Ingin Punya Pendapatan Tambahan? Coba 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kita terkadang tidak bisa mengandalkan satu sumber pendapatan untuk mencukupi semua kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu diperlukan pendapatan pasif di luar pendapatan aktif.

Penghasilan pasif adalah uang yang diperoleh tanpa memerlukan kerja aktif. Bentuk pendapatan ini biasanya dengan memanfaatkan waktu luang yang ada atau menjalankan pekerjaan lepas atau sering disebut freelance.

Dilansir dari laman Entrepreneur.com, Kamis (21/7/2021), berikut beberapa opsi pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan di masa pandemi covid-19:

1. Menjual Produk digital

Produk digital adalah produk online yang dapat langsung diunduh atau diakses contohnya E-book, panduan cara, kursus online, template, dan aplikasi.

Anda harus menemukan cara untuk memasarkan barang-barang ini. Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti TikTok untuk mempromosikan produk digital Anda.

2. Berinvestasi

Berinvestasi adalah bentuk pendapatan pasif yang layak dicoba. Berinvestasi di saham individu membutuhkan waktu dan penelitian, jadi lebih baik berinvestasi di reksa dana untuk penghasilan pasif yang mudah.

Semakin banyak bunga yang Anda peroleh dari investasi, semakin bertambah pendapatan Anda. Inilah mengapa sangat penting untuk berinvestasi lebih awal dan konsisten.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buat saluran YouTube

Banyak orang takut dengan ide membuat konten YouTube karena takut menunjukkan wajah mereka, tetapi itu bukan keharusan. Pernahkah Anda mencari video badai petir di YouTube? Atau video kicau burung untuk ditinggali kucing Anda? Orang-orang menghasilkan ribuan dari video itu, dan mereka dapat dibuat tanpa mengeluarkan uang.

Setelah menyiapkan konten, Anda harus menemukan video dan audio. Anda dapat menemukan video gratis di situs web seperti Pixabay.com, tetapi ada banyak video lain yang dapat ditemukan dengan pencarian Google sederhana.

Selanjutnya, di dalam studio YouTube, buka perpustakaan audio YouTube dan cari suara yang sesuai. Gunakan perangkat lunak pengeditan video untuk menyatukannya, dan posting video. Setelah Anda diterima dalam program mitra YouTube, Anda akan mulai memperoleh pendapatan iklan. 

3 dari 3 halaman

4. Pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi mengacu pada penjualan barang dan jasa yang bukan milik Anda dan mendapatkan komisi untuk penjualan tersebut. Komisi ini dilacak melalui tautan unik: Anda membuat orang mengklik tautan Anda dan melakukan pembelian, lalu mendapatkan Anda mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Orang sering melakukan pemasaran afiliasi dengan memanfaatkan media sosial, atau dengan membangun blog. Dengan membangun blog, Anda harus menyempurnakannya dengan konten dan memastikan SEO Anda tepat sasaran, sehingga orang akan menemukan blog tersebut. Tidak ada salahnya untuk memiliki kehadiran media sosial seperti Instagram, TikTok dan lainnya untuk membawa orang ke blog Anda juga.

Saat memilih program afiliasi, Anda harus memilih produk terlebih dahulu, perkiraan apakah produk tersebut akan diminati banyak orang apa tidak. Setelah memilih Anda bisa melanjutkan untuk membuat tautan terkait produknya agar di klik calon konsumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.