Rayakan Idul Adha, Sri Mulyani Ingatkan Makna Pengorbanan

Oleh Tira Santia pada 20 Jul 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 18:30 WIB
Sri Mulyani Indrawati
Perbesar
Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia harus merayakan Idul Adha 2021 di tanpa keramaian. Hal ini karena Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang penyebarannya semakin ganas. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat untuk melihat kembali makna pengorbanan.   

Menurutnya, Idul Adha kali ini masyarakat tidak berkumpul di lapangan untuk solat Ied atau menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah menyebarakan virus Covid-19. 

Namun meskipun tidak berkumpul, hal tersebut tidak mengurangi niat baik untuk beribadah kurban. Lengkapnya, berikut ini tulisan Sri mulyani di akun instagram @smindrawati, seperti dikutip Liputan6.com pada Selasa (20/7/2021):

Manusia berjarak untuk menjaga kesehatan raga.Manusia berkurban untuk memelihara kesehatan jiwa.

Perayaan Iduladha selalu mengingatkan kita akan pentingnya berbagi dengan sesama. Maka meski hanya di dalam rumah dan tidak berkumpul di lapangan untuk merayakan solat Ied bersama atau menyaksikan penyembelihan hewan qurban di pelataran mesjid, namun insyaAllah hal ini tidak mengurangi niat baik kita untuk beribadah kurban.

Perayaan Iduladha juga menjadi pengingat kita akan peristiwa Nabi Ibrahim yang hendak mengorbankan anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail karena menjalankan perintah Allah. Inilah bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT yaitu dengan memberikan/mengurbankan hal yang paling berharga yang kita miiki.

Pengorbanan dan keikhlasan inilah yang kita jadikan modal ataupun contoh dalam kehidupan hari ini, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Mari kita bersama-sama dan saling bergotong royong untuk berbagi dengan sesama yang terdampak pandemi. Jadikan momentum Iduladha ini sebagai tabungan pahala kita.

Jangan lupa, selalu disiplin terapkan protokol kesehatan dalam keseharian kita.

Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1442 H.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Berkurban Sapi Limosin 1,3 Ton

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono berkurban seekor sapi limosin seberat 1,3 ton dalam Hari Raya Idul Adha. (Foto: Humas KKP)
Perbesar
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono berkurban seekor sapi limosin seberat 1,3 ton dalam Hari Raya Idul Adha. (Foto: Humas KKP)

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berkurban seekor sapi limosin seberat 1,3 ton dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 2021. Kurban tahun ini diniatkan untuk menunaikan ibadah dan berbagi pada sesama.

Menteri Trenggono berharap pemotongan sapi tersebut bisa memberikan kekuatan kepada seluruh jajarannya dalam menjalankan tugas membangun sektor kelautan dan perikanan.

 

"Dengan kurban ini, harapannya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, memberikan kekuatan kepada jajaran KKP dalam mengemban amanah pembangunan sektor kelautan dan perikanan," kata Trenggono di Jakarta, Selasa (20/7/2021).

Dalam kesempatan yang sama, dia juga menyelipkan doa agar pandemi dapat segera berakhir seiring dengan vaksinasi kian gencar dilakukan di Indonesia. Menteri Trenggono mengimbau agar seluruh pegawai KKP dan masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah, yakni menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya