Sukses

Kementerian Pertahanan Buka Ribuan Formasi CPNS 2021, Buruan Serbu!

Disimak deskripsi terkait jabatan dan jumlah formasi CPSN 2021 di Kementerian Pertahanan.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran CASN atau CPNS 2021 di SSCASN masih terus berlangsung. Jumlah pendaftar CPNS 2021 dan PPPK pun terus bertambah.

Salah satu instansi pusat yang ikut membuka seleksi CPNS 2021 adalah Kementerian Pertahanan (Kemhan) membuka pendaftaran CPNS 2021 sejak 30 Juni 2021. Terdapat 1.456 formasi yang dapat diikuti oleh lulusan SLTA, D-III, D-IV, S-1, S-2, hingga S-3.  

Melansir dari kemhan.go.id, Senin (19/7/2021), berikut deskripsi terkait jabatan dan jumlah formasi CPSN 2021 di kementerian ini, sesuai dengan Unit Organisasinya (UO).

Patut tahu jika pemerintah memperpanjang pendaftaran CPNS 2021 dari 21 Juli menjadi 26 Juli 2021.

1. UO Kemhan

Jumlah Formasi CPNS 2021: 228 Formasi

Beberapa jabatan yang dibuka adalah pengadministrasi keuangan, terampil – fisioterapis, terampil – bidan, pengelola keuangan, ahli pertama – perawat, ahli pertama – arsiparis, ahli pertama – editor, ahli pertama – perancang peraturan perundang-undangan, ahli pertama – analis hukum, dosen – asisten ahli, dan sebagainya.

2. UO Mabes TNI

Jumlah Formasi CPNS 2021: 168 Formasi

Beberapa jabatan yang dibuka adalah pengadministrasi keuangan, terampil – perawat, operator radio, terampil – pengendali frekuensi radio, pengelola data, operator telekomunikasi, pranata jaringan IPTEK, ahli pertama – pustakawan, penyusun dokumentasi sejarah dan nilai budaya, ahli pertama – dokter gigi, dan sebagainya.

3. UO Angkatan Darat

Jumlah Formasi: 581 Formasi

Beberapa jabatan yang dibuka adalah ahli pertama – apoteker, pengelola data, terampil – pranata laboratorium kesehatan, terampil - asisten penata anestesi, terampil – perekam medis, ahli pertama – dokter gigi, ahli pertama – dokter spesialis urologi, ahli pertama – dokter spesialis bedah mulut, ahli pertama – nutrisionis, ahli pertama – sanitarian, dan sebagainya.  

4. UO Angkatan Laut

Jumlah Formasi: 361 Formasi

Beberapa jabatan yang dibuka adalah terampil – bidan, pengelola data sejarah, terampil – nutrisionis, teknisi alat elektro dan alat komunikasi, pengolah data intelijen, pemelihara senjata api, teknisi mesin, teknisi pemetaan dan penggambaran, ahli pertama – dokter, ahli pertama – fisikawan medis, dan sebagainya.

5. UO Angkatan Udara

Jumlah Formasi CPNS 2021: 118 Formasi

Beberapa jabatan yang dibuka adalah pengelola keuangan, terampil – pranata komputer, operator radar, terampil – perekam medis, pengelola data statistik, teknisi pesawat, operator mesin, ahli kalibrasi fasilitas penerbangan, pengawas keselamatan udara, pemula – kataloger, dan sebagainya.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dokumen Persyaratan

- Surat lamaran yang ditujukan kepada UO Kemhan, UO Mabes TNI, UO TNI Angkatan Darat, UO TNI Angkatan Laut, dan UO TNI Angkatan Udara.

- KTP asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

- Ijazah dan transkrip nilai (Asli/fotkopi).

- Surat pernyataan.

- Pas Foto.

- Surat keterangan akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

- Surat Tanda Registrasi (bukan internship) sesuai jabatan yang dilamar (Bagi pelamar Tenaga Kesehatan).

- Surat keterangan catatan kepolisian dari wilayah/Polres setempat.

- Surat keterangan disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya (Bagi pelamar Disabilitas).

- Menyampaikan video singkat menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (Bagi pelamar Disabilitas).

- Akta kelahiran atau surat keterangan lahir, serta surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku (Bagi pelamar Putra/Putri Papua/Papua Barat).

- Fotokopi KTP orang tua (Bagi pelamar Putra/Putri Papua/Papua Barat).    

Pelamar dapat mendaftarkan diri dan mengunggah dokumen persyaratan pada laman https://sscasn.bkn.go.id/. Pendaftaran dibuka hingga 21 Juli 2021. Format dokumen yang diunggah dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman https://www.kemhan.go.id/ropeg/.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.