Sukses

Hati-hati Terbenam Tumpukan Utang, Dicoba 5 Jurus Lepas dari Jeratnya

Liputan6.com, Jakarta Mengelola keuangan mungkin memang tidak mudah. Terkadang Anda bisa terus-menerus khawatir tentang ini bahkan bisa berdampak besar ketika pada akhirnya pengelolaan utang berakhir dengan tumpukan utang.

Untuk mengurangi kekhawatiran Anda, ini adalah cara-cara untuk keluar dari utang secara efektif yang mungkin bisa membantu, dilansir dari laman magforwoman, Minggu (18/7/2021).

1. Catat Semua Detail Utang

Langkah pertama untuk keluar dari utang adalah dengan menghitungnya. Kumpulkan semua dokumen yang relevan, siapkan laptop jika Anda mahir memakai excel, atau catatlah di selembar kertas.

Catat semuanya dan buat bagan arus kas masuk dan pembayaran semua pinjaman, mulai dari keuangan Anda hingga tagihan telepon, selesaikan semuanya. Ini akan membantu Anda mendapatkan kejernihan pikiran tentang kondisi keuangan.

2. Buat rencana yang dapat Anda patuhi

Rencanakan seperti membayar 90 persen dari pendapatan bulanan untuk kebutuhan. Anda harus memahami segala macam hal yang dibelanjakan, mencari tahu pengeluaran minimum.

Menambahkan beberapa ribu sebagai penyangga dan kemudian melunasi sisanya sebagai pembayaran utang bulanan.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Untuk sementara waktu bertahan hanya pada hal-hal penting 

Membeli barang-barang bermerek bisa menunggu, begitu pula perhiasan yang mahal harganya. Sampai saat Anda melunasi utang, batasi diri dan tetap pada batas pengeluaran, dan kemudian lakukan penghematan.

Ini memang sangat sulit, tetapi itu adalah sesuatu yang harus Anda lakukan.

4. Mintalah bantuan dari keluarga

Membayar kembali utang yang diambil dari keluarga, jauh lebih mudah dan jauh lebih mengurangi stres daripada membayarnya kembali ke bank atau pemberi pinjaman lainnya.

Meskipun sama nyatanya, keluarga Anda tidak membuat keributan besar ketika Anda terlambat untuk membayarkan utang. Dalam suka maupun duka, keluarga selalu ada.

5. Jadikan melunasi utang sebagai prioritas utama

Pindah ke rumah yang lebih kecil jika perlu, beli pulsa telepon yang lebih murah, dan jual apapun yang bisa dijual seperti mobil atau barang bermerek yang dimiliki yang mungkin tidak begitu penting bagi Anda saat ini. Lakukan apa saja untuk melunasi utang.

Semakin Anda menundanya, semakin besar hasilnya, bahkan jika itu direncanakan dengan cermat. Tidak peduli seberapa banyak menghindarinya, hari ini utang adalah kejahatan yang diperlukan. Namun, pencegahan lebih baik daripada mengobati seperti sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.