Erick Thohir: BUMN Harus Transformasi Jika Ingin Naik Kelas

Oleh Athika Rahma pada 16 Jul 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 17:00 WIB
Erick Thohir
Perbesar
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

 

Liputan6.com, Jakarta Upaya terus dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadikan BUMN naik kelas. Salah satu yang ditekankan adalah mendorong BUMN untuk melakukan transforasi bisnis. Tidak hanya model bisnis dan operasional, tapi juga transformasi human capital.

Dimana saat ini keluarga besar BUMN telah disatukan oleh misi yang sama, yaitu “BUMN Untuk Indonesia” dengan nilai atau core values yang sama, yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari transformasi menyeluruh, menjadi arah dan bagian dari kebijakan BUMN untuk naik kelas dan berkompetisi secara global,” ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Jumat (16/7/2021).

Apa yang disampaikan Erick Thohir ini juga disampaikan dalam ajang AKHLAK Award 2021 yang diselenggarakan oleh ACT Consulting. Dalam acara ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan khusus BUMN sebagai Role Model Integrasi Roadmap Holding-Anak Perusahaan.

Penghargaan diterima oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman, dan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Selain itu juga hadir tiga Menteri BUMN terdahulu, yaitu Tanri Abeng, Mustafa Abubakar, dan Dahlan Iskan.

Selain Pupuk Indonesia, dua anak perusahaannya juga menerima penghargaan. Mereka adalah PT Petrokimia Gresik yang berhasil meraih Runner Up Indeks Implementasi Adaptif dan PT Pupuk Kalimantan Timur yang menjadi juara untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik kategori Anak Perusahaan BUMN.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tanggapan Pupuk Indonesia

Pabrik Pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company
Perbesar
Pabrik Pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company (dok: Pupuk Indonesia)

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman, menyebutkan bahwa penghargaan ini diberikan berkat kemampuan perusahaan dalam mengintegrasikan action plan antara holding dan anak perusahaannya.

Pupuk Indonesia juga dinilai berhasil dalam memonitor, mengevaluasi, dan menyusun roadmap integrasi holding dengan tetap mempertimbangkan karakteristik dari setiap anak usahanya yang berjumlah sepuluh perusahaan.

“Insyaallah penghargaan ini menjadi penambah semangat bagi kami untuk lebih baik lagi dalam menerapkan nilai-nilai AKHLAK di Pupuk Indonesia Group,” ujarnya.

Sejak diluncurkannya AKHLAK, lanjut Bakir, Pupuk Indonesia dengan cepat mengimplementasikan hingga ke anak-anak perusahaan. Adapun langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran AKHLAK Internalization Index.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga menyelaraskan core value AKHLAK ke dalam core kompetensi perusahaan dan menjadikannya sebagai salah satu penilaian KPI individu dan unit kerja, hingga pada proses rekrutmen dan asesmen promosi karyawan.

“Kami juga selenggarakan program internalisasi, seperti webinar, workshop, pembentukan change leader, change champion, serta change fertilizer di setiap unit kerja, kuis, lomba video, rapat monitoring, dan sebagainya,” jelas Bakir.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya