Sukses

Bulog Bangun Gudang Pengering dan Penyimpanan Modern di 6 Daerah

Perum Bulog kini tengah membangun infrastruktur pascapanen

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog kini tengah membangun infrastruktur pascapanen dengan teknologi pengeolahan pengeringan dan penyimpanan modern yakni Corn Drying Center (CDC) di 6 daerah sentra produksi jagung.

Dikutip dari laman instragram resmi @perum.bulog, Jumat (16/7/2021), pembangunan 6 unit CDC di daerah sentra produksi jagung yakni Bandar Lampung (Lampung), Wonogiri dan Grobogan (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), Dompu (NTB), dan Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara) dimana saat ini telah terlaksana pekerjaan pembangunan di 2 (dua) lokasi yakni di Dompu dan Bolaang Mongondow.

“Dibangunnya CDC ini, diharapkan Perum BULOG akan memaksimalkan penyerapan hasil panen jagung petani lokal, menjaga ketersediaan serta stabiltas harga guna memperkuat 3 Pilar Ketahanan Pangan,” tulis keterangan @perum.bulog.

Di Indonesia, Jagung merupakan bahan pangan penting sumber karbohidat kedua setelah beras. Namun, dominan digunakan sebagai bahan baku pakan ternak dengan persentase komposisi berkisar 50-55 persen.

Sebab, jagung tergolong bahan yang mudah mengalami penurunan kualitas, oleh karena itu untuk penyimpanan jagung dalam jangka waktu yang lama harus disimpan dengan kandungan kadar air (Moisture Content) ≤ 14 persen.

Maka, untuk mendapatkan kadar air ≤ 14 persen maka diperlukan proses pengeringan sehingga jangung dapat disimpan dalam waktu yang relatif lebih lama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tugas Bulog

Sesuai dengan amanat Pemerintah kepada Perum BULOG melalui Perpres Nomor 48 Tahun 2016, Perum BULOG ditugaskan menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan pada tingkat konsumen dan produsen untuk jenis pangan pokok beras, jagung dan kedelai.

Oleh karena itu, Perum BULOG melakukan pengembangan dengan membangun infrastruktur pascapanen dengan teknologi pengolahan (pengeringan dan penyimpanan) modern yakni Corn Drying Center (CDC).

Komponen utama CDC ini terdiri dari dryer (mesin pengering) dan SILO (sarana penyimpanan) sehingga dapat menjaga kualitas serta meningkatkan kapasitas dan waktu simpan komoditas jagung. Selain komponen utama, CDC juga akan didukung dengan peralatan/mesin dan fasilitas kawasan yang bersifat modern.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.