Sukses

Sandiaga Uno Terus Gaungkan Desa Wisata, Apa Manfaatnya?

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mendorong pengembangan desa wisata

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mendorong pengembangan desa wisata. Diharapkan, desa wisata ini dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, desa wisata menjadi salah satu kekuatan pariwisata yang mengedepankan pelestarian budaya dan lingkungan. Hal ini tentu memiliki manfaat ekonomi secara berkeadilan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Desa wisata diharapkan mampu mengurangi urbanisasi masyarakat dari desa ke kota karena banyak aktivitas ekonomi yang dapat diciptakan," kata Menteri Sandiaga dalam Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Workshop – Zona Wilayah B Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Jumat (16/7).

Oleh karenanya, peran stakeholder pariwisata sangat diperlukan dalam mengelola desa wisata, melalui prinsip 3C (Commitment, Competence dan Champion), agar program yang dijalankan dapat tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, penyelenggaraan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 hari ini tentu untuk mendukung program prioritas pengembangan desa wisata, Kemenparekraf. Dengan tema Indonesia Bangkit, diharapkan dapat mendorong pelaku parekraf di desa agar berkembang dalam menopang perekonomian bangsa pasca pandemi Covid-19.

Adapun jumlah peserta yang telah mendaftar ADWI 2021 sampai tanggal 16 Juli 2021 pagi hari ini sebanyak 1.583 peserta. Jumlah ini meleih dari target yang canangkan sebanyak 700 peserta. Jumlah ini akan terus bertambah, mengingat waktu pendaftaran masih dibuka sampai hari ini pukul 23.59 WIB.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Daya Saing Pariwisata

Dirinya berharap melalui kegiatan ini mampu meningkatkan daya saing pariwisata dengan peningkatan kapasitas masyarakat dalam mengelola desa wisata secara digital dengan mengembangkan kreatifitas dalam membuat konten kreatif sebagai media promosi pariwisata.

"Mari bersama hadirkan kepulihan ekonomi dan kebangkitan pariwisata. Demi wujudkan visi pembangunan kepariwisataan nasional yaitu Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.