Sukses

Jakpro Vaksinasi 3.000 Pekerja Proyek Jakarta International Stadium

Jakpro menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 kepada 3.000 pekerja kontruksi proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Liputan6.com, Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 kepada 3.000 pekerja kontruksi proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Selain untuk mengejar target pelaksanaan pembangunan JIS lantaran sektor konstruksi termasuk sektor esensial yang masih bisa beroperasi 100 persen, program vaksinasi untuk para pekerja juga salah satu upaya Jakpro membantu pemerintah menciptakan herd immunity atau kekebalan komunitas.

"Jadi teman-teman di lapangan seperti konsultan, kontraktor terus berkolaborasi mencari jalan keluar dari tantangan Covid-19 ini," ujar Direktur Proyek Jakarta International Stadium Iwan Takwin, Kamis (15/7/2021).

Program vaksinasi pekerja JIS ini, dapat berlangsung berkat adanya kolaborasi antara Jakpro, Kementerian Kesehatan, pihak aparatur Kelurahan dan Kecamatan, serta Puskesmas Sunter Agung, Tanjung Priok.

Vaksinasi bagi pekerja JIS sudah dimulai sejak Minggu, 11 Juli 2021 lalu. Sedangkan lokasi vaksinasi berlangsung di GOR Jakarta Utara. Adapun pekerja JIS yang divaksin setiap harinya berjumlah 200 orang yang berlangsung hingga dua pekan ke depan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Selain melaksanakan program vaksinasi bagi para pekerja JIS, Jakpro bersama tim Kerja Sama Operasi (KSO) pelaksana proyek JIS juga menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM) Darurat.

Diantaranya melakukan cek suhu bagi para pekerja maupun tamu di gerbang masuk maupun lobby KSO, lalu mewajibkan menghindari berkumpul secara bergerombol.

Selain itu, para pekerja diwajibakan untuk memakai masker di seluruh lokasi proyek Jakarta International Stadium, termasuk di barak pekerja.

Selanjutnya, bagi pekerja yang baru pulang dari luar kota diwajibkan untuk menunjukan surat swab antigen dan swab PCR yang berlaku 1x24 jam. Pekerja yang belum memiliki bukti swab antigen dan swab PCR dilarang bergabung dengan pekerja lain sampai dapat menunjukan surat bebas atau negatif Covid-19.

Adapun bagi pekerja yang terdeteksi positif, akan diisolasi mandiri selama 14 hari dan setiap hari wajib melaporkan kondisi kesehatannya kepada atasannya yang kemudian diteruskan kepada Tim Satgas Covid-19 JIS.

Sementara itu, pekerja office baik dari Jakpro, KSO maupun MK dibatasi maksimal 50 persen. Oleh karena itu, Jakpro dan KSO pelaksana proyek optimis pembangunan JIS akan tuntas meskipun terdapat berbagai tantangan yang tidak mudah, termasuk adanya pandemi Covid-19 sudah lebih dari 16 bulan melanda Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.