Sukses

Cetak Pemimpin BUMN, Bank Mandiri Andalkan Corporate University

Unit Corporate University bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40 ribu pegawai organik Bank Mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) akan mengoptimalkan keberadaan Corporate University sebagai unit kerja pencipta SDM di bidang keuangan dengan kualitas terbaik. Ini ditujukan guna mengantisipasi perkembangan industri perbankan dan keuangan yang sangat cepat.

Direktur SDM dan Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya menjelaskan, Corporate University melakukan program pengembangan karyawan dan masyarakat umum dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang komprehensif dengan tetap mengintegrasikan muatan lokal.

"Dengan jumlah karyawan tersebut, dimana 70 persen di antaranya adalah generasi milenial, Bank Mandiri harus menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif untuk mengadaptasi perubahan yang cepat di industri ini. Apalagi mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang masih rentan terhadap dampak penyebaran virus covid-19," urainya di Jakarta, Rabu (14/7/2021).

Agus menyampaikan, unit Corporate University saat ini bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40 ribu pegawai organik Bank Mandiri. Tak hanya SDM internal, program pelatihan ini juga dirancang untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas melalui program Kriya Mandiri, Calon Pemimpin Daerah Khusus, dan Mandiri Sahabatku.

Dikatakan Agus, Corporate University memiliki peran krusial dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, terutama top talents yang mampu mengambil peran kepemimpinan di Bank Mandiri maupun di lingkungan BUMN lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Annual People Development Plan

Oleh karena itu, setiap tahunnya, Mandiri University merancang Annual People Development Plan (APDP) yang mencakup hasil analisa IDP Online untuk sekitar 40 ribu pegawainya secara personalized, dan juga aspirasi maupun kebutuhan unit bisnis terkait pengembangan kompetensi teknikal dan leadership yang perlu dikembangkan secara masif.

Menurut Agus, prinsip utama pengembangan leadership adalah seorang pemimpin harus mampu melahirkan pemimpin yang lain. Keberhasilan itu akan terbukti dari tumbuhnya pemimpin baru yang datang dari lingkungan internal Bank Mandiri.

"Bank Mandiri pun memiliki target yang ambisius dalam mencetak pemimpin secara cepat, menanggapi tingginya demand ekspor talent dari lingkungan Bank Mandiri. Belum lama ini, 110 pemimpin Bank Mandiri ditempatkan di berbagai posisi strategis di BUMN lainnya," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.