Lengkap! Daftar 26 Kementerian dan Lembaga yang Buka Pendaftaran CPNS 2021

Oleh Liputan6.com pada 14 Jul 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 14 Jul 2021, 18:37 WIB
Mengintip Seleksi CPNS 2018 di Gedung Wali Kota Jaksel
Perbesar
Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10/2018). Seleksi CPNS dibuka kembali lagi tahun ini. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Seleksi CASN atau CPNS 2021 telah dibuka sejak 30 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id/.

Berdasarkan laporan BKN, peserta CPNS 2021 yang sudah mengisi formulir sampai 14 juli 2021 ini, sudah sebanyak 2.202.467. Sementara yang sudah submit 1.108.219.

Sejumlah kementerian dan lembaga telah mengumumkan formasi CPNS 2021, baik melalui media sosial maupun laman resmi instansi terkait.

Berikut 26 instansi seperti lembaga dan kementerian yang sudah membuka pendaftaran dan mengumumkan formasi CPNS 2021, seperti dirangkum Liputan6.com, Rabu (14/7/2021):

1. Kemenhub

Salah satu syarat CPNS untuk Kemenhub adalah tingkat pendidikan mulai dari SLTA sampai dengan S2.  Jumlah formasi CPNS yang tersebar di seluruh unit kerja Kemenhub adalah sebanyak 1.445 yang terdiri dari Setjen, Itjen, Darat, Laut, Udara, Perkeretaapian, Badan Litbang, BSDMP dan BPTJ.   

2. Kemenlu

Dalam persyaratan CPNS 2021 Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), peserta minimal harus berlatar belakang pendidikan lulusan S-1. Ada 332 lowongan CPNS Kemenlu.

Berikut beberapa diantaranya:

- Diplomat (140 Formasi)

- Penata Kanselerai (80 Formasi)

- Pranata Informasi Diplomatik (44 Formasi)

- Perancang Peraturan Perundang-Undangan (1 Formasi)

- Perencana (6 Formasi) Arsiparis (2 Formasi)

- Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (3 Formasi)

- Auditor (6 Formasi) Analis SDM Aparatur (10 Formasi)

- Asesor SDM Aparatur (93 Formasi)  

3. Polri

Total keseluruhan formasi di Polri sebanyak 1.035 formasi yang dialokasikan ke 722 formasi untuk tenaga medis, 313 formasi untuk tenaga teknis, 232 formasi untuk mabes, 803 formasi untuk Polda.

Selain itu, terdapat formasi khusus yang tersedia adalah sebanyak 128 formasi yang terdiri dari 104 formasi khusus lulusan terbaik (Cumlaude), 21 formasi khusus disabilitas, dan 3 formasi khusus PA/PI Papua.

4. BPK

BPK membuka sebanyak 1.320 formasi pada perekrutan CPNS 2021. Pada seleksi kali ini, BPK utamanya mencari calon abdi negara yang bisa mengisi kursi jabatan pemeriksa.  

Jumlah ini disediakan untuk tiga jabatan, seperti jabatan pemeriksaan ahli pertama sebanyak 1.257 formasi, pranata komputer 35 formasi, serta pengelolaan data informasi dan hukum 28 formasi.  

BPK juga akan mengikuti arahan pemerintah untuk mengalokasikan CPNS formasi khusus disabilitas sebanyak 2 persen.

5. Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka alokasi formasi CPNS tahun 2021 sebanyak 1.057 formasi.  

Antara lain yang dibutuhkan adalah tenaga teknis seperti dengan ahli pertama--analis pengelolaan keuangan APBN, auditor, pembina jasa konstruksi, pengelola pengadaan barang jasa, dan pengembangan teknologi pembelajaran.  

Unit penetapan CPNS 2021 ini pun beragam, termasuk di Sekretariat Jenderal Biro Keuangan, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Direktorat Pengadaan Jasa Konstruksi, hingga di daerah seperti Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi wilayah Jawa Tengah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Basarnas

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Perbesar
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) juga telah memberkan informasi terkait penerimaan rekrutmen CPNS untuk formasi 350 orang.  

Pada penerimaan CPNS 2021 ini, Basarnas membuka 27 jabatan untuk posisi tenaga medis, teknisi, nahkoda, hingga juru minyak. Untuk lulusan yang dapat mengikuti penerimaan CPNS Basarnas ini dimulai dari SMA hingga S-2.

7. Kejaksaan 

Kejaksaan Republik Indonesia turut membuka formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Sebanyak 4.148 formasi disediakan pada tahap perekrutan CPNS 2021.  

Kejaksaan RI sejauh ini belum memaparkan jabatan apa saja yang tersedia pada seleksi CPNS 2021. Namun, mengacu pada perekrutan sebelumnya, beberapa formasi yang tersedia, antara lain jaksa ahli pertama, pengolah data perkara dan putusan, pranata barang bukti, pengawal tahanan/narapidana, pengemudi pengawal tahanan, pranata komputer ahli pertama, auditor ahli pertama, arsiparis pelaksana/terampil, hingga sejumlah jabatan dokter spesialis.  

Jabatan-jabatan tersebut disiapkan untuk unit kerja penempatan di Kejaksaan Agung hingga Kejaksaan Tinggi di berbagai provinsi.

8. DPR 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membuka pendaftaran CPNS 2021. Terdapat 75 formasi yang dapat diikuti oleh lulusan D-III dan S-1.  

Melansir dari https://www.dpr.go.id/cpns, jenis formasi yang tersedia, yaitu 8 formasi Cumlaude, 2 formasi Disabilitas, 1 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat, dan 64 formasi Umum.  

Dari formasi yang dibuka terdapat 30 posisi yang tersedia, beberapa diantaranya, Ahli Sumber Daya Manusia, Jurnalis, Penata Acara, Penyusun Anggota Dewan, dan lainnya. 

9. BSSN

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang mengumumkan akan membuka 105 Formasi CPNS 2021. Penetapan formasi ini mengacu pada SE Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.  

Melansir laman resminya, dikatakan jika pendaftaran CPNS 2021 Badan Siber dan Sandi Negara dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia.

10. KKP

Pada 2021, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapatkan formasi CPNS dan PPPK dari Menpan RB, di mana hampir 70 persen dari formasi tersebut adalah jabatan Penyuluh Perikanan.  

Adapun formasi CPNS penyuluh perikanan sejumlah 200 CPNS dan 398 PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) pada tahun ini mengacu kepada panduan kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

11. Badan Standardisasi Nasional (BSN)

Baru 15 Pendaftar CPNS 2018 di Kota Malang Sukses Input Data
Perbesar
Calon pendaftar mencoba mengakses situs Sistem Seleksi CPNS 2018 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Pada tahun ini, BSN akan membuka 85 formasi. Terdapat formasi khusus BSN dengan persyaratan yaitu merupakan putra putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) dengan minimal 10 persen dari formasi (9 formasi); penyandang disabilitas dengan minimal 2 persen dariformasi (2 formasi), serta putra putri Papua/Papua Barat (1 formasi). Sementara itu, BSN tidak membuka formasi diaspora karena diperuntukkan untuk dosen, peneliti, perekayasa,dan analis kebijakan.  

Penambahan CASN BSN melalui penerimaan CPNS 2021 ini akan memperkuat organisasi BSN yang tantangannya ke depan semakin besar dalam membina standardisasi dan penilaian kesesuaian, serta metrologi di seluruh Indonesia.

12. Kementerian Perindustrian

Pada penerimaan ini terdapat 374 jabatan yang dibuka oleh Kemenperin. Dari jumlah jabatan tersebut terdapat formasi khusus, yang diperuntukkan bagi putra putri lulusan terbaik atau cumlaude, penyandang disabilitas, diaspora, serta putra putri Papua dan Papua Barat. Adapun untuk penempatan unit kerja yang dibutuhkan sebanyak 16 unit.  

“Kementerian Perindustrian membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia lulusan S-2, S-1, D-IV, dan D-III untuk menjadi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Perindustrian,” tulis Ketua Panitia Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara, Sekretaris Jenderal Dody Widodo, melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (2/7/2021).

13. Kemenkumham

Pada tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka pendaftaran bagi CPNS dengan jumlah formasi sebanyak 4.558 orang. Jumlah formasi CPNS 2021 tersebut terdiri dari 253 formasi tenaga kesehatan dan 4.305 formasi tenaga teknis.  

Formasi tenaga kesehatan pada CPNS 2021 diperuntukkan bagi jabatan dokter, perawat, dan bidan. Sementara itu formasi CPNS 2021 untuk tenaga teknis diperuntukkan bagi jabatan pranata komputer, analis hukum, dan pembimbing kemasyarakatan bagi jenjang pendidikan D3, S1, dan S2.  

Ada pula jabatan penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian bagi jenjang pendidikan SMA. Lebih lanjut, Sekjen menyampaikan bahwa Kemenkumham membuka formasi umum, formasi lulusan terbaik atau cumlaude, dan formasi disabilitas.  

14. BPOM

Tahun ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membuka formasi sebanyak 387 orang. Adapun dari jumlah formasi yang dibuka tersebut, terdapat 11 jabatan dan 5 zona penempatan CPNS 2021.  

Selain formasi yang diperuntukkan untuk umum, terdapat formasi khusus yang disediakan untuk lulusan terbaik atau cumlaude, penyandang disabilitas, serta putra atau putri Papua dan Papua Barat. 

Adapun untuk informasi lengkap mengenai formasi CPNS 2021 serta persyaratan dapat dilihat pada cpns.pom.go.id, dan untuk pendaftaran dapat mengakses sscasn.bkn.go.id.  

15. Kemenparekraf

Kemenparekraf/Baparekraf membuka 189 formasi dalam seleksi CPNS 2021 dan dapat diikuti oleh lulusan D-III, D-IV, S-1, dan S-2.  

Melansir dari situs resmi kemenparekraf.go.id, jenis formasi CPNS 2021 yang tersedia, yaitu 18 formasi Cumlaude, 1 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat, 4 formasi Disabilitas, dan 166 formasi Umum.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu analis kebijakan ahli pertama, analis anggaran ahli pertama, analis apresiasi karya seni, hingga analis pariwisata. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

16. Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Ujian SKB CPNS Surabaya
Perbesar
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ikut membuka lowongan formasi CPNS di tahun ini. Terdapat 12 formasi yang ditawarkan untuk 77 orang.  

Rinciannya, kebutuhan umum sebanyak 66 orang, lulusan cumlaude sebanyak 8 orang, disabilitas sebanyak 2 orang, dan putra-putri Papua dan Papua Barat sebanyak 1 orang. Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dari jenjang pendidikan D-III, D-IV, S-1, hingga S-2 dengan usia dari 18 hingga 35 tahun.

17. DKI Jakarta

Selain kementerian dan lembaga, pemerintah daerah (Pemda) juga membuka penerimaan CPNS 2021, salah satunya DKI Jakarta.  

Pemprov DKI Jakarta membuka sebanyak 434 formasi CPNS 2021. Hal tersebut berdasarkan Pengumuman Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pengadaan CPNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta Tahun 2021.  

Dalam pengumuman CPNS 2021 tersebut juga dijelaskan formasi dibuka untuk tiga kriteria yaitu lulusan terbaik atau cumlaude 12 formasi, disabilitas 10 formasi, dan formasi umum 412.  

18. Kemendesa

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa) membuka 233 formasi pada CPNS 2021 dan dapat diikuti oleh lulusan D-III dan S-1. Mengutip laman cpns.kemendesa.go.id, jenis formasi yang tersedia, yaitu 204 formasi Umum, 23 formasi Cumlaude, 4 formasi Disabilitas, dan 2 formasi Putra dan Putri Papua serta Papua Barat.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu analis hukum pertanahan, analis kawasan transmigrasi, analis lingkungan hidup, hingga analis pemasaran dan kerjasama.

19. BUMN

Kementerian BUMN membuka 127 formasi CPNS dan dapat diikuti oleh lulusan D-IV, S-1, dan S-2.   Melansir dari situs resmi www.bumn.go.id/career, jenis formasi seleksi CPNS yang tersedia, yaitu 15 formasi Cumlaude, 3 formasi Disabilitas. Kemudian 2 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat, dan 107 formasi Umum.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu ahli pertama – penata kelola perusahaan negara, ahli pertama – arsiparis, analis keuangan, hingga ahli pertama – analis pengelolaan keuangan APBN.  

20. Bappenas

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 juga dibuka Bappenas. Lembaga ini menyiapkan 96 formasi CPNS 2021. Formasi CPNS Bappenas terdiri dari lulusan terbaik, umum, putra/putri Papua dan Papua Barat serta formasi untuk penyandang disabilitas.  

Berikut formasi CPNS 2021 Bappenas yang dibutuhkan.

- Formasi umum dengan kualifikasi lulusan D-IV/S-1 sebanyak 82

- Formasi khusus kualifikasi lulusan S-1 Predikat Cumlaude sebanyak 10  

- Formasi khusus kualifikasi lulusan S-1 Disabilitas sebanyak 2

- Formasi khusus kualifikasi lulusan S-1 Putra/Putri Papua sebanyak 2

Scroll down untuk melanjutkan membaca

21. Kemenag

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Perbesar
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nizar mengonfirmasi pihaknya telah membuka formasi Calon Aparatur Sipil Negeri (CASN) untuk seleksi tahun 2021.

Jumlah formasi yang dibuka untuk CPNS adalah 1.361 yang terbagi dalam formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum adalah pelamar lulusan perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebanyak 1.193. Kemudian formasi khusus, terdiri dari tiga kelompok, yaitu lulusan terbaik sebanyak 137, 28 formasi penyandang disabilitas, dan 3 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat.

22. PANRB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka sebanyak 64 formasi CPNS. Tak hanya melalui jalur kebutuhan umum, Kementerian PANRB juga membuka kesempatan bagi para lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude), penyandang disabilitas, serta putra/putri Papua dan Papua Barat.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu ahli pertama – analis kebijakan, ahli pertama – pranata hubungan masyarakat, ahli pertama – dokter, hingga ahli pertama – auditor.

23. Bawaslu

Bawaslu membuka formasi CPNS 2021 sebanyak 334 orang, untuk 8 jabatan. Pengumuman ini resmi melalui surat No 2217 /KP.01.01/SJ/06/2021 tentang seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Badan Pengawas Pemilihan Umum tahun anggaran 2021.  

Adapun pada penerimaan CPNS 2021, Bawaslu membuka formasi khusus, diantaranya lulusan terbaik berpredikat pujian atau cumlaude 33 orang, disabilitas 7 orang, dan putra putri Papua atau Papua Barat 14 orang. Pada formasi khusus berpredikat pujian atau cumlaude, jenjang pendidikan rendah yang dipersilahkan mendaftar adalah sarjana atau S1.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu ahli pertama auditor, verifikator keuangan, pengawas pemilihan umum, hingga investigator.

24. KESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menjelaskan, akan ada sebanyak 172 formasi dengan 43 jabatan yang dibuka untuk diperuntukkan bagi jenjang pendidikan SMK hingga S-2.  

Dari seluruh formasi yang dibuka, terdapat dua formasi yang bisa dilamar oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan, yaitu Pengamat Gunung Api dan Jenang Kapal. Sementara tenaga teknis lainnya dibuka bagi para lulusan D-3, D-4, S-1, dan S-2 dengan beberapa jabatan analis anggaran, analis hukum, pranata komputer, pustakawan, hingga analis perlindungan lingkungan pertambangan mineral dan batubara.

25. KLHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka 1.007 formasi CPNS dan dapat diikuti lulusan SMK, D-III, S-1, dan S-2.  

Jenis formasi seleksi CPNS yang tersedia, yaitu 100 formasi Cumlaude, 5 formasi Disabilitas. Kemudian 10 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat, dan 892 formasi Umum.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu ahli pertama – polisi kehutanan, terampil – pengendali ekosistem hutan, analis advokasi hukum, analis dukungan pengawasan, hingga kurator koleksi museum.  

26. Kementan

Kementerian Pertanian membuka 766 formasi CPNS dan dapat diikuti lulusan SMK, D-III, D-IV, S-1, dan S-2.  Jenis formasi seleksi CPNS yang tersedia, yaitu 87 formasi Cumlaude, 14 formasi Disabilitas. Kemudian 4 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat, dan 661 formasi Umum.  

Beberapa jabatan yang tersedia, yaitu ahli pertama – analis anggaran, ahli pertama – auditor, ahli pertama – pengawas mutu pakan, analis data dan informasi, hingga analis pestisida.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya