Sukses

12 Ruas Tol Baru Siap Beroperasi hingga Akhir 2021

Akan ada sebanyak 12 ruas tol baru yang bakal beroperasi hingga akhir 2021 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Widyaiswara Utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Hidayat Sumadilaga, memperkirakan akan ada sebanyak 12 ruas tol baru yang bakal beroperasi hingga akhir 2021 ini.

Secara total, Danis menyebutkan, Kementerian PUPR target pengerjaan 19 ruas tol sepanjang 406 km bisa rampung dan beroperasi pada tahun ini.

"Saat ini sebagian telah dioperasikan sebanyak 7 ruas sepanjang 52 km, antara lain Tol Cengkareng-Batu Ceper sepanjang 14,2 km," kata Danis dalam Investor Daily Summit 2021, Selasa (13/7/2021).

Dalam waktu dekat, Danis memproyeksikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 sepanjang 33 km dapat diresmikan pada Agustus 2021.

"Sehingga Tol Balikpapan-Samarinda akan dapat beroperasi secara penuh," sambungnya.

Sementara pengerjaan ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) yang terhubung dengan Tol Akses Bandara Kertajati direncanakan selesai pada Desember 2021.

Oleh karenanya, Danis memohon dukungan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mendukung penyelesaian Jalan Tol Cisumdawu sesuai target pada akhir tahun ini.

"Sedangkan jalan tol yang sedang dalam tahap konstruksi dan akan segera selesai tahun ini antara lain Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pak Ridwan Kamil, sepanjang 60,1 km yang memperlancar akses menuju Bandara Kertajati. Insya Allah, mudah-mudahan dengan dukungan Pemerintah Jawa Barat ditargetkan bisa diresmikan pada bulan Desember 2021," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Bisa Diresmikan Agustus 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 bisa diresmikan pada Agustus 2021. Saat ini progres konstruksi tol tersebut mencapai 96,63 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan terbangunnya akses jalan tersebut, maka akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata," katanya dikutip dari Antara, Senin (12/7/2021).

Tol Serang-Panimbang terdiri atas tiga seksi yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang-Rangkasbitung, Seksi 2 sepanjang 24,17 km ruas Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang.

Untuk Seksi 2 dan 3 masih dalam tahap pembebasan lahan dengan progres Seksi 2 mencapai 75 persen dan Seksi 3 sebesar 64,21 persen. Seksi 2 dan 3 ditargetkan selesai konstruksi pada Agustus 2023.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama badan usaha jalan tol (BUJT) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang yang membentang sepanjang 83,67 km.

Dibangunnya jalan tol yang melintasi wilayah Serang, Lebak, dan Pandeglang tersebut diharapkan dapat memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri dan kawasan pariwisata di Provinsi Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.