Sukses

Mau Jadi Kaya Raya Saat Pensiun? Praktikkan Cara Berikut

Liputan6.com, Jakarta Pernah membayangkan menjadi seorang miliarder saat sudah pensiun? Padahal, Anda tidak memiliki pekerjaan lagi.

Tabungan, investasi, dan rencana yang tepat menjadi kunci untuk mendapatkan USD 1 juta (Rp 14 milyar) atau bahkan lebih.

Melansir dari CNN, Rabu (13/7/2021), berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang miliuner saat mencapai usia pensiun.

1. Mulai Menabung Lebih Awal

Menabung menjadi kunci dalam sebuah tujuan finansial. Triknya tidak bergantung pada seberapa hematnya Anda saat mengeluarkan uang, tetapi kapan mulai untuk menabung.

Sebagian besar ahli memberikan saran agar Anda menyisihkan 10 persen hingga 15 persen dari total pendapatan untuk dana pensiun. Tidak menjadi masalah apabila target tersebut belum tercapai.

Tabunglah dengan jumlah berapa pun dengan memanfaatkan bunga yang mampu melipatgandakan uang tersebut di masa depan.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Pilihlah Usia yang Sesuai untuk Memulai

Matthew Fleming, seorang penasihat keuangan berkata, “Saya terlalu sering melihat orang menabung untuk pensiun tanpa rencana. Mereka hanya memasukkan uang ke rekening tanpa mengetahui apakah mereka berada di jalur yang tepat untuk menabung atau tidak.”

Jadi, seberapa banyak yang Anda butuhkan untuk ditabung sesuai usia? Inilah beberapa perencanaan yang dapat diikuti.

-  Usia 20: Anda harus menabung sebesar USD 364 (Rp 5,2 juta) per bulan untuk mencapai tabungan sebesar USD 1 juta (Rp 14 miliar) pada usia 65 tahun.

- Usia 30: Anda harus menabung sebesar USD 704 (Rp 10 juta) per bulan untuk mencapai tabungan sebesar USD 1 juta (Rp 14 miliar) pada usia 65 tahun.

- Usia 40: Anda harus menabung sebesar USD 1.444 (Rp 20,9 juta) per bulan untuk mencapai tabungan sebesar USD 1 juta (Rp 14 miliar) pada usia 65 tahun.

- Usia 50: Anda harus menabung sebesar USD 3.439 (Rp 49,8 juta) per bulan untuk mencapai tabungan sebesar USD 1 juta (Rp 14 miliar) pada usia 65 tahun.

3. Investasikan Uang

Menabung lebih awal dan berinvestasi secara teratur dapat membantu tercapainya tabungan pensiun. Uang Anda akan berkembang jika diinvestasikan, seperti saham yang akan terus bertumbuh. Kemudian, jenis perusahaan tempat anda berinvestasi penting untuk diketahui.

Flemming menambahkan bahwa semakin cepat Anda memulai, semakin banyak manfaat yang akan diperoleh dari menabung dan menginvestasikan uang. Apakah Anda sudah siap menjadi miliuner di masa mendatang?

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun