Sukses

Intip Siasat Para Orang Terkaya Dunia Akali Tak Bayar Pajak

CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett sering berargumen terkait pernyataan bahwa orang kaya harus membayar lebih untuk pajak.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seseorang yang memiliki harta berlimpah belum tentu membuat mereka bersedia membayar pajak dalam jumlah yang besar. Deretan orang kaya tersebut justru memiliki beberapa cara untuk menghindari pembayaran pajak.

CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett sering berargumen terkait pernyataan bahwa orang kaya harus membayar pajak lebih pajak.

Bahkan, Warren menyatakan sebagian besar kekayaannya berada di saham sehingga ia membayar pajak lebih rendah dibandingkan dengan sekretaris atau karyawan lainnya.

Melansir dari Tech Story, Senin (12/7/2021), berikut 5 cara yang sering dilakukan orang terkaya dunia atau miliarder untuk menghindari pajak. 

1. Sumbangan

Sumbangan yang diberikan kepada organisasi nirlaba (nonprofit) menjadi cara yang paling populer dilakukan miliarder untuk mengurangi pajak.

Berdasarkan peraturan pajak seperti di AS, jumlah yang dapat dikurangi meningkat dari 50 persen hingga 60 persen dari pendapatan kotor yang dilaporkan.

2. Meningkatkan Ekuitas, Minimalkan Kerugian

Miliarder di Amerika, lebih memilih untuk melakukan investasi pada saham karena memiliki tarif pajak yang lebih rendah apabila ekuitas, investasi yang ditanamkan pemilik dalam perusahaan, tidak diambil selama lebih dari setahun.

Pada 2018, pajak untuk sebuah keuntungan berbentuk uang sebesar 0 persen, 15 persen, dan 20 persen sesuai dengan pendapatan yang dimiliki.

Pajak di Amerika Serikat berkisar dari 10 persen untuk pendapatan terendah dan 37 persen untuk pendapatan tertinggi.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengelola Aset sebagai Bisnis

Membuat kerangka kerja untuk mengelola berbagai kepentingan seperti perseroan terbatas dapat menghemat uang untuk pajak. Hal tersebut merupakan kumpulan dari aset, kepemilikan, atau perusahaan milik miliarder.

4. Pembebasan untuk Hadiah dan Warisan

Hadiah dan warisan dapat membantu mengurangi pajak yang harus dibayarkan. Banyak dari miliarder mencari perwakilan untuk menerima kekayaan agar diturunkan dari generasi ke generasi. Pajak tidak akan dikenakan apabila kekayaan tersebut diberikan sebagai sebuah hadiah dan sudah diberikan pada pewakilan.

5. Pemberian Manfaat yang Pasti

Asuransi memberikan sebuah manfaat yang pasti kepada miliarder. Mereka dimungkinkan menyisihkan uang saat memasuki usia pensiun.

Peraturan pajak di Amerika Serikat baru membatasi pengambilan 20 persen dari total pendapatan sebagai tarif pajak.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak

  • Orang Kaya