Sukses

Pantau Penanganan Covid-19, Jokowi Telepon Menko Luhut 3 Kali Sehari

Di setiap akhir pembicaraan, Menko Luhut mengaku Presiden selalu meminta dirinya untuk mengedepankan kepentingan masyarakat kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku ditelepon oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setiap hari. bahkan tidak kurang 3 kali Jokowi menanyakan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 kepada Menko Luhut yang juga menjabat sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

"Bisa saya hitung bahwa setiap harinya 2-3 kali Presiden menghubungi saya untuk menanyakan perkembangan dan kendala dari kebijakan PPKM Darurat ini," ungkap Menko Luhut dalam akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Senin (12/7/2021).

Di setiap akhir pembicaraan, Menko Luhut mengaku Presiden selalu meminta dirinya untuk mengedepankan kepentingan masyarakat kecil. Jokowi tidak ingin ada masyarakat yang tidak bisa makan karena kebijakan PPKM Darurat ini.

"Presiden selalu menyampaikan kepada saya sebagai bawahannya agar selalu mengutamakan kepentingan rakyat kecil. Jangan sampai ada masyarakat yang susah makan karena ada pemberlakuan kebijakan ini, begitu kata beliau," tulisnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntungan Pribadi

Pesan tersebut bagi Luhut merupakan arahan dari Jokowi yang selalu diteruskan kepada semua pihak yang terlibat dalam mengatasi penyebaran Covid-19 ini. Setiap kebijakan yang dikeluarkan melalui proses pengecekan secara berjenjang demi mengutamakan prinsip kemanusiaan.

Agar tidak ada pihak yang memanfaatkan keadaan demi keuntungan pribadi atau kelompoknya.

"Semua hal secara berjenjang dan bertahap agar mengutamakan prinsip kemanusiaan dalam penerapan program PPKM Darurat ini. Namun, tidak bagi siapapun yang mengambil keuntungan pribadi di tengah pandemi seperti sekarang," kata dia.

Luhut menambahkan, saat ini Pemerintah telah berusaha mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan lonjakan kasus Covid-19. Mulai dari ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, obat-obatan, pasokan oksigen sampai bantuan bagi masyarakat kecil yang rentan terdampak pandemi.

"Pemerintah saya kira dalam hal ini selalu mencari jalan keluar terbaik dari semua masalah yang ada," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.