Sukses

Lebarkan Sayap dan Perluas Jaringan Bisnis via Link UMKM

Jaringan atau networking merupakan faktor yang sangat penting bagi kemajuan sebuah bisnis. Mustahil rasanya ada bisnis yang bisa berkembang tanpa memiliki jaringan.

Liputan6.com, Jakarta Jaringan atau networking merupakan faktor yang sangat penting bagi kemajuan sebuah bisnis. Mustahil rasanya ada bisnis yang bisa berkembang tanpa memiliki jaringan. Seperti halnya manusia sebagai makhluk sosial, bisnis tidak bisa berdiri sendiri.

Keberadaan jaringan memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis, mulai dari berperan meningkatkan penjualan, menambahkan wawasan dan koneksi pelaku bisnis, serta bagian pentingnya adalah bisa menjadi solusi bagi sejumlah persoalan bisnis yang dihadapi.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperluas jaringan dalam bisnis, tak cukup hanya rencana tapi Anda perlu segera mengambil langkah mau dan sikap.

1. Sikap percaya diri dan terbuka

Untuk memperluas jaringan, Anda perlu memiliki kepercayaan diri dan sikap yang terbuka. Jangan malu untuk memulai komunikasi dan juga bisa menerima berbagai saran yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Perbanyak kenalan

Jaringan dimulai dari sebuah perkenalan. Mulailah bergerak untuk bisa mengenal orang lain lebih banyak. Dengan cara follow akun media sosial bisnis pelaku bisnis lain, mengikuti acara seminar atau webinar dan berbagai workshop lain. Tidak hanya datang ke lokasi, Anda bisa berselancar secara online.

3. Beri dukungan dan sharing

Setelah sudah memiliki banyak kenalan, jangan lupa untuk saling memberikan dukungan dan sharing pengalaman. Bila memang Anda masih baru, jangan malu bertanya dan tentunya tetap jaga etika dan privasi mereka.

 

3 dari 3 halaman

4. Gabung komunitas

Peluang untuk memperluas jaringan semakin terbuka lebar dengan bergabung dalam sebuah komunitas. Dari sekian banyak komunitas yang ada, pastikan Anda tidak melewatkan komunitas bisnis yang ada di Link UMKM, ini adalah sebuah platform online yang dapat diakses via website dan aplikasi pada smartphone.

Platform Link UMKM dihadirkan BRI dengan tujuan agar dapat membawa UMKM Indonesia naik kelas melalui rangkaian program pemberdayaan terpadu. UMKM di seluruh Indonesia bisa mendapatkan sejumlah manfaat mulai dari update informasi dengan membaca "UMKM Media", menggunakan menu pelatihan, konsultasi dan literasi keuangan untuk mengembangkan usaha dalam menu "UMKM Smart", menampilkan produk UMKM di "Etalase digital" dan bergabung di komunitas untuk memperluas jaringan atau networking.

Di Link UMKM, pelaku UMKM dapat berjejaring dengan sesama UMKM di seluruh Indonesia, bergabung dalam satu komunitas yang memiliki kesamaan karakteristik (wilayah, jenis usaha, program  pembinaan tema tertentu, dan sebagainya). Dapat saling berbagi informasi dan semangat, menambah wawasan dalam berbisnis, serta berdiskusi.

Bagi UMKM Binaan BUMN maupun UMKM umum segera bergabung dan kembangkan usahamu di Link UMKM dengan kunjungi website linkumkm.id atau download aplikasi Link UMKM.

5. Praktekkan

Setelah berhasil menambah jaringan dan bergabung di komunitas, maka langkah penting selanjutnya adalah mempraktekkan segala ilmu bisnis yang didapatkan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan dan kualitas produk UMKM.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.