Sukses

6 Fitur Utama di Link UMKM yang Perlu Pelaku UMKM Ketahui

Jalan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang dan naik kelas semakin terbuka lebar. BRI telah meluncurkan Link UMKM.

Liputan6.com, Jakarta Jalan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang dan naik kelas semakin terbuka lebar. BRI telah meluncurkan Link UMKM, sebuah platform baru yang hadir untuk pemberdayaan dan pengembangan para pelaku UMKM agar bisa naik kelas.

Sejak resmi meluncur pada 28 April bersamaan acara BRI Microfinancial Outlook 2021, antusias pasar terhadap Link UMKM begitu besar yang ditandai dengan trafik platform terus meningkat.

Sebagai platform daring, Link UMKM dapat diakses pelaku UMKM di seluruh wilayah di Indonesia melalui website www.linkumkm.id dan juga diakses lewat aplikasi LinkUMKM. Link UMKM memiliki 6 fitur utama yang menyediakan berbagai informasi dan layanan yang dapat digunakan para pelaku UMKM agar bisa berkembang dan naik kelas. 

1. Rumah BUMN

Pelaku UMKM bisa  mendapatkan informasi terkait Rumah BUMN. Di antaranya titik lokasi Rumah BUMN terdekat, data Rumah BUMN dan produk unggulannya, serta jadwal pelatihan per lokasi maupun nasional.

Rumah BUMN akan mendampingi dan mendorong pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha dalam hal peningkatan kompetensi, akses, pasar dan kemudahan permodalan.

2. Media

Pelaku UMKM dapat update informasi terkini seputar kewirausahaan, inovasi dan pengembangan produk, kondisi ekonomi, program pemerintah, serta success story UMKM yang dapat dijadikan inspirasi / percontohan, sampai dengan kisah Local Heroes atau Figur Inspiratif Lokal.

Pada bagian Figur Inspiratif Lokal, Anda bisa melihat  berita serta video contoh sosok pahlawan lokal sudah berhasil memajukan dan mempromosikan produk dan jasanya dari daerah sampai ke manca negara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Komunitas

UMKM dapat berjejaring dengan sesama UMKM di seluruh Indonesia, bergabung dalam satu komunitas yang memiliki kesamaan karakteristik (wilayah, jenis usaha, program pembinaan tema tertentu, dan sebagainya). Dapat saling berbagi informasi dan semangat, menambah wawasan dalam berbisnis, serta berdiskusi.

Beberapa komunitas yang bisa dipilih seperti komunitas ikan cupang, komunitas UMKM DKI Jakarta, Paguyuban BRILian, Komunitas UKM Jawa Barat, Komunitas RB BRI Selindo, hingga Wirausaha BRILian Makassar.

 

3 dari 3 halaman

4. UMKM Smart

UMKM Smart memiliki 4 menu berbeda mulai dari Pelatihan, Konsultasi, Literasi Keuangan dan Simulasi Kredit.

Program pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi pelatihan dengan modul yang mengacu pada 12 aspek parameter usaha UMKM yaitu skala Usaha, Aspek Kepemimpinan, Pola Pikir, Budaya Inovasi, Pemasaran, Operasional, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Legalitas dan Kepatuhan, Kepedulian Sosial dan Lingkungan, Pemahaman Pasar dan Industri, dan Manajemen Rantai Pasok.

Di kanal ini, Anda dapat masuk ke modul pelatihan Soft Competency untuk dapat mengikuti berbagai bentuk pelatihan dari mulai modul bacaan, artikel, infografis, podcast, sampai dengan video. Selesaikan Post Test pelatihan dari mulai kelas tradisional sampai kelas modern secara bertahap. Tersedia berbagai hadiah pendampingan lanjutan untuk UMKM yang dapat menyelesaikan seluruh tahapan dengan baik. Salah satunya adalah pendampingan mempersiapkan UMKM untuk ekspor dan menjadi Go Global.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan, platform ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelaku UMKM ketika ingin mengakses, misalnya, informasi tentang pasar, atau meningkatkan kemampuan administrasi dan manajemen usahanya.

"Melalui Link UMKM, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas,” ujar Sunarso.

Nantinya, seluruh pelatihan yang dijalani peserta akan dinilai berdasarkan aplikasi skoring yang ada. Peserta juga diberi kesempatan melakukan penilaian dengan mengisi survei skoring, guna mengetahui di kategori UMKM apa mereka berada.

Setelah itu, penilaian akan dilakukan secara periodik setiap 3 bulan sekali. Pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan pada platform ini akan mendapat modul pelatihan dari BRI. Peserta juga akan dibimbing untuk terbiasa menyusun neraca/laporan keuangan menggunakan fitur Keuanganku yang tersedia di platform ini.

5. Etalase Digital

Kanal selanjutnya adalah etalase Digital. Di sini pelaku UMKM atau user dapat menampilkan produk-produk atau jasa UKM. Dari kategori kuliner,  kerajinan, fashion & aksesoris, kesehatan & kecantikan, rumah & interior, perikanan & peternakan, handphone & aksesoris, komputer, otomotif, dan masih banyak yang lainnya. Untuk bisa mengakses kanal ini, Anda harus registrasi terlebih dahulu.

6. Dashboard

Menu dashboard berisikan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh manajemen.  Menu dashboard hanya dapat diakses terbatas oleh user  yang didaftarkan kepada admin Link UMKM. Bagi User umum (UMKM) tidak dapat membuka menu Dashboard. 

Pelaku UMKM bisa mendaftar sebagai anggota Link UMKM dengan mendaftar langsung melalui laman platform ini di linkumkm.id. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pelaku UMKM bisa langsung bergabung pada komunitas yang diinginkan, serta memamerkan produk dan/atau jasanya pada etalase digital.

Selain diakses via website, pelaku UMKM juga dapat meng-install Link UMKM versi aplikasi untuk smartphone.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini