Sukses

Berbelanja Bisa Buat Anda Bahagia? Ini Faktanya

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kebahagiaan saat berbelanja.

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja memberikan hiburan tersendiri. Akan tetapi, apakah kegiatan tersebut memberikan Anda kebahagiaan?

Melansir dari CNBC, Ketua Bidang Penelitian Perusahaan Teknologi Keuangan Happy Money, Elizabeth Dunn menyarankan agar Anda dapat mengetahui terlebih dahulu pembelian seperti apa yang membuat Anda bahagia.

Belanja yang bertujuan sebagai terapi untuk meningkatkan mood (retail therapy) juga tidak dapat bertahan lama.

Survei yang dilakukan oleh U.S. News & World Report menemukan lebih dari sepertiga orang Amerika mengikuti terapi tersebut.

Sebanyak 34 persen mengatakan mereka sering melakukan retail therapy, sedangkan 51 persen lainnya mengatakan mereka tidak memiliki anggaran untuk berbelanja.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kebahagiaan saat berbelanja.

1. Membeli Pengalaman

Dunn mengatakan bahwa penelitian menunjukkan seseorang akan lebih mendapatkan kebahagiaan saat membeli pengalaman dibandingkan dengan sebuah barang.

“Pengalaman lebih dekat dengan rasa. Orang merasa membeli pengalaman berkontribusi pada pengalaman hidup sehingga menjadi sesuatu yang lebih unik.”

Pengalaman cenderung menyatukan orang. “Ketika kita mampu membangun dan memperkuat hubungan dengan orang lain, hal tersebut menjadi sumber kebahagiaan yang sangat penting,” ujar Dunn.

2. Jadikan sebagai Kejutan

Kita terbiasa dengan hal-hal yang sudah dimiliki. Namun, ketika suatu hal dijadikan sebagai sebuah kejutan, hal tersebut akan membawa lebih banyak kebahagiaan. Cari tahu hal-hal yang dulunya Anda senangi, tetapi saat ini tidak lagi Anda senangi.

Pandemi COVID-19 membuat Anda harus berhenti untuk melakukan beberapa kebiasaan rutin. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menemukan hal-hal yang sudah Anda tinggalkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Membeli Waktu

Salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan adalah menghabiskan uang untuk mendapatkan lebih banyak waktu dalam kehidupan sehari-hari.

“Orang yang menggunakan uang mereka untuk keluar dari hal-hal yang dibenci lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya,” jelas Dunn.

4. Bayar Sekarang, Konsumsi Nanti

Dunn menjelaskan, “Ketika kita berinvestasi untuk diri kita di masa depan, hal tersebut berkaitan dengan hasil keuangan yang lebih baik lagi.”

5. Berinvestasi pada Orang Lain

Ketika Dunn melakukan penelitian mengenai seseorang yang berbahagia saat diberikan uang, dia menyadari bahwa para pemberi uang tersebut juga merasa senang.

“Yang kami temukan adalah orang mendapatkan lebih banyak kebahagiaan saat uang yang mereka gunakan memberi manfaat bagi orang lain, dibandingkan uang yang digunakan untuk menguntungkan diri sendiri.”

Jadi, apakah Anda sudah memutuskan untuk berbelanja demi kesenangan sementara atau berbelanja untuk kebahagiaan?

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.