Sukses

Link UMKM Sediakan Pelatihan dan Konsultasi untuk Pelaku UMKM Naik Kelas

Bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM yang ingin mengembangkan bisnis dan ingin naik kelas dapat bergabung dengan Link UMKM besutan BRI.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM yang ingin mengembangkan bisnis dan ingin naik kelas dapat bergabung dengan Link UMKM besutan BRI.

Link UMKM adalah suatu platform online yang dapat diakses via website dan aplikasi pada smartphone. Platform ini hadir dengan tujuan agar dapat membawa UMKM Indonesia naik kelas melalui rangkaian program pemberdayaan terpadu.

Link UMKM memiliki fitur utama yakni Rumah BUMN, UMKM Media, UMKM Smart, Komunitas, Etalase Digital, serta Dashboard. Masing-masing fitur menyediakan berbagai fasilitas dan produk yang dapat digunakan pelaku UMKM agar semakin berkembang.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan, platform ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelaku UMKM ketika ingin mengakses, misalnya, informasi tentang pasar, atau meningkatkan kemampuan administrasi dan manajemen usahanya.

"Melalui Link UMKM, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas,” ujar Sunarso.

Fitur UMKM Smart menyediakan layanan yang menjadi modal penting bagi pelaku UMKM untuk naik kelas yakni pelatihan, konsultasi, literasi keuangan hingga informasi untuk kredit usaha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Scoring Assesment UMKM

Pelatihan di Link UMKM ada tiga bagian yakni Assesment UMKM, Modul Pelatihan dan Modul Soft Competency. Dalam Scoring Assessment UMKM, user dapat melakukan self-assessment untuk bisa mengetahui skala dan kapabilitas usahanya sendiri. Dilengkapi kriteria penilaian tertentu yaitu kelas tradisional/berkembang/modern.

Tujuan assesment ini untuk bisa meningkatkan keberlanjutan usaha yang tengah dijalankan. Sebagai lanjutan dari scoring assessment, user bisa mendapatkan pelatihan dan program pendukung lainnya.

Scoring assessment UMKM Naik Kelas ini dilengkapi dengan sertifikasi Hard Competency bagi UMKM. Dilakukan secara periodik 3 bulanan untuk melihat perkembangan usaha UMKM itu sendiri. Seluruh data hasil assessment tersimpan dalam profil, sehingga dapat dilakukan evaluasi.

Dilengkapi reminder / alert untuk mengarahkan User agar melakukan scoring assessment kedua setelah periode 6 (enam) bulan, untuk mengetahui perkembangan usahanya. Jika User belum melakukan pengisian skoring kedua, aktivitas redeem poin akan terkunci otomatis.

 

3 dari 3 halaman

Modul Soft Competency

Program pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi pelatihan dengan modul yang mengacu pada 12 aspek parameter usaha UMKM yaitu skala Usaha, Aspek Kepemimpinan, Pola Pikir, Budaya Inovasi, Pemasaran, Operasional, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Legalitas dan Kepatuhan, Kepedulian Sosial dan Lingkungan, Pemahaman Pasar dan Industri, dan Manajemen Rantai Pasok.

User dapat masuk ke modul pelatihan Soft Competency untuk dapat mengikuti berbagai bentuk pelatihan mulai dari modul bacaan, artikel, infografis, video, podcast, webinar dan sebagainya, menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi.

Modul Pelatihan UMKM Naik Kelas dilengkapi dengan post test sesuai dengan tahap kategori kelas (tradisional/berkembang/Modern) dan tingkat kedalaman (A1, A2, A3). Meskipun user keluar di tengah pengerjaan, jawaban akan tetap tersimpan untuk dilanjutkan kembali nanti saat masuk kembali.

Selesaikan Post Test pelatihan dari mulai kelas tradisional sampai kelas modern secara bertahap. Terdapat passing grade yang harus dicapai untuk dapat meneruskan ke kategori selanjutnya. Setelah user menyelesaikan pelatihan dan lulus post test, akan mendapatkan “Piala Soft Competency” atau Pin Poin.

Poin kemudian dapat ditukarkan dengan reward yang disediakan Kesempatan partisipasi pada pameran/expo Bank BRI, Program pendampingan selanjutnya (misalnya persiapan untuk ekspor), Modul pelatihan special (akses terbatas), dan bentuk reward lainnya. Untuk modul pelatihan yang sudah dipelajari, juga dapat dilihat kembali pada halaman Profil User.

Fitur selanjutnya yang bisa diandalkan pelaku UMKM yang tergabung dalam platform Link UMKM adalah konsultasi dengan ahlinya melalui personal chat room. Di sini user bisa berkonsultasi dalam rangka pengembangan usaha. Ada tiga hal yang bisa menjadi dasar konsultasi, mulai dari bisni, strategi marketing hingga pengembangan diri.

Untuk bisa memanfaatkan semua fitur Link UMKM, pelaku UMKM bisa mendaftar sebagai anggota LinkUMKM dengan mendaftar langsung melalui laman platform ini di linkumkm.id. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pelaku UMKM bisa langsung bergabung pada komunitas yang diinginkan, serta memamerkan produk dan/atau jasanya pada etalase digital.

Selain diakses via website, pelaku UMKM juga dapat meng-install Link UMKM versi aplikasi untuk smartphone.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini