Sukses

Kementerian PUPR Siapkan Rp 2,8 Miliar untuk Bangun Jalan di Komplek Rumah Subsidi Aceh

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membeli rumah bersubsidi akan menikmati hasil pembangunan lain berupa jalan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan Rp 2,8 miliar untuk membangun prasarana, sarana dan utilitas (PSU) perumahan melalui pembangunan jalan di Aceh.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya menugaskan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) untuk berkoordinasi dengan para pengembang dan pemerintah daerah setempat guna memberikan bantuan ini.

Khalawi menyampaikan, bantuan PSU diberikan sebagai stimulan untuk kalangan pengembang agar lebih bersemangat membangun rumah bersubsidi di masa pandemi Covid-19.

Menurut dia, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membeli rumah bersubsidi juga akan menikmati hasil pembangunan bisa berupa jalan lingkungan yang baik serta utilitas penunjang lainnya.

"Meskipun rumah bersubsidi tapi kualitas jalannya tertata dengan baik dan dibangun dengan kualitas yang baik," kata Khalawi dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).

Kepala Balai P2P Sumatera I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Teuku Faisal Riza, menyatakan siap menggandeng sejumlah pengembang di Aceh untuk melaksanakan pembangunan PSU rumah bersubsidi di sejumlah perumahan. Penyaluran PSU akan dilaksanakan di enam lokasi perumahan, yakni di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan Kota Langsa.

"Tahun 2021 ini kami mentargetkan sebanyak 400 unit rumah bersubsidi di Aceh akan mendapatkan bantuan PSU dari Kementerian PUPR. Total dana yang kami salurkan untuk pembangunan PSU di Aceh sebanyak Rp 2,8 miliar," terangnya.

Adapun tujuan dari program bantuan PSU adalah untuk menstimulasi pembangunan rumah atau perumahan baru khususnya kalangan MBR oleh pelaku pembangunan atau pengembang. Bantuan ini sekaligus mendukung program pembangunan sejuta rumah per tahun yang dicanangkan sejak 2015 lalu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyaluran Bantuan PSU

Berdasarkan data yang ada, penyaluran bantuan PSU di Provinsi Aceh akan dilaksanakan di sejumlah perumahan, antara lain Perumahan Aiman Regency Kota Banda Aceh, Perumahan Hadrah Regency 10 dan Perumahan Baet Residence di Kabupaten Aceh Besar.

Selanjutnya di Perumahan Griya Islamic Centre, Perumahan Villa Asri Darussalam dan Perumahan Griya Avina Residence 6 di Kota Langsa.

"Bantuan PSU yang diberikan antara lain jalan beton, paving block dan sanitasi. Dengan bantuan ini nantinya masyarakat bisa menikmati kawasan lingkungan yang lebih baik dan memiliki harga jual rumah bisa tetap terjangkau karena untuk PSU-nya telah mendapatkan bantuan dari pemerintah," ujar Teuku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.