Sukses

Banyak Diburu, Penjualan Tabung Oksigen dan Oximeter Naik 2 Kali Lipat di Bukalapak

Lonjakan kasus Covid-19 sejak pekan lalu membuat permintaan tabung oksigen maupun oksigen portable menjadi incaran masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan kasus Covid-19 sejak pekan lalu membuat permintaan tabung oksigen maupun oksigen portable menjadi incaran masyarakat. Pun dengan alat kesehatan lain yang dibutuhkan saat ini.

AVP Marketplace Quality Bukalapak, Baskara Aditama mengatakan tabung oksigen dan oximeter menjadi barang yang paling dicari dan laris di Bukalapak. Transaksinya pun meningkat dua kali lipat sejak pekan lalu.

"Tabung oksigen dan oximeter termasuk dalam barang-barang yang meningkat transaksinya sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan minggu lalu," kata Baskara dalam keterangan persnya, Jakarta, Rabu (7/7).

Sejalan dengan himbauan pemerintah, Bukalapak berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan harga produk-produk tersebut. Maka antisipasi yang dilakukan perusahaan dengan memantau secara rutin perkembangan harga.

"Kami secara rutin memantau harga pasaran untuk barang-barang ini agar bisa menjaga harga yang ditetapkan oleh para penjual di Bukalapak selalu dalam batas wajar, sehingga masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Produk

Bila ditemukan penjualan harga produk alat kesehatan termasuk tabung gasnya diluar batas wajar, Bukalapak akan melakukan penindakan. Caranya dengan segera menurunkan produk tersebut dari marketplace dan memberikan label pelanggaran kepada penjual.

"Menjual barang dengan harga yang tidak sesuai juga termasuk di dalam pelanggaran yang kami tetapkan, sehingga tentunya akan kami tindak", lanjut Baskara.

Para pengguna Bukalapak yang menemukan penjualan barang-barang lain terkait penanganan Covid-19 dengan harga tidak normal juga bisa berpartisipasi dengan cara melaporkan via BukaBantuan.

Pada dasarnya, Bukalapak memperbolehkan seluruh penjual menetapkan harga dan strategi penjualan masing-masing. Namun, mereka harus selalu mematuhi aturan yang berlaku baik di Bukalapak maupun secara hukum.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Krisis Pasokan Oksigen saat Lonjakan Kasus Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.