Sukses

Pemda Bisa Usul Bantuan Perumahan Lewat Portal Sibaru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru) untuk mempermudah pemerintah daerah (pemda) dalam mengusulkan bantuan perumahan bagi masyarakatnya.

"Pada masa pandemi Covid-19 ini kami tetap menerima usulan bantuan perumahan dari pemerintah daerah lewat Sibaru. Itu untuk lebih memudahkan dengan memanfaatkan teknologi informasi," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Rabu (7/7/2021).

Khalawi menyatakan, Sibaru merupakan inovasi Direktorat Jenderal Perumahan untuk mengajak pemda lebih bersemangat dalam melaksanakan program Sejuta Rumah selama masa pandemi ini. Menurutnya, pembangunan rumah yang layak huni jadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi.

"Selain tidak perlu bertatap muka atau mengajukan proposal secara langsung, lewat sistem tersebut kami ingin koordinasi program perumahan tetap berjalan, memangkas waktu dan pengajuan proposal serta mendorong pengawasan program perumahan untuk masyarakat di daerah," ungkapnya.

Menurut dia, Kementerian PUPR akan terus mendorong pelaksanaan program Sejuta Rumah di masa pandemi ini. Melalui program ini, pemerintah mengajak pemangku kepentingan bidang perumahan untuk bersama-sama meningkatkan jumlah pembangunan rumah di Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Terintegrasi

Sebagai informasi, Sibaru mengintegrasikan seluruh sistem perumahan yang ada ada saat ini, seperti Sistem Informasi Rumah Susun (Sirusun), Sistem Informasi Rumah Khusus (Sirusus), Sistem Informasi Rumah Umum dan Komersial (SiRUK), dan E-RTLH.

Pemda dapat mengakses aplikasi Sibaru melalui laman sibaru.perumahan.pu.go.id, atau dengan mengklik tombol Sibaru pada situs www.perumahan.pu.go.id.

"Sibaru juga memiliki saluran bantuan atau helpdesk terkait pengusulan bantuan perumahan. Apabila pemerintah daerah ingin bertanya terkait pengusulan bantuan perumahan dapat menghubungi hotline aplikasi SIBARU di nomor handphone 0821 2267 7894 (via chat Whatsapp pada hari kerja dan jam kerja) atau via email ke datinperumahan@pu.go.id," terang Khalawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.