Sukses

Dirut BCA Jahja Setiaatmadja Bagikan Resep UMKM Sukses di Pasar Digital, Intip Yuk!

Jahja Setiaatmadja mengingatkan, UMKM perlu memberi kesan positif kepada konsumen, baik pada saat sebelum ataupun sesudah pemesanan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, menilai pasar digital merupakan kunci bagi pelaku UMKM untuk keluar dari lingkaran setan mobilitas yang terhambat selama pandemi Covid-19.

Jika masih terjebak dalan bisnis konvensional, Jahja Setiaatmadja menyatakan ruang gerak UMKM akan terus menyempit. Satu-satunya jalan adalah dengan memasarkan produk-produk lokal bermutu dan berkelanjutan.

Menurut dia, kelanjutan kualitas dari produk tersebut wajib dijaga, jangan sampai menurun. Selain itu, Jahja menyebutkan, UMKM juga harus punya tampilan produk yang menarik dan berbeda.

"Misal sama-sama menjual produk A, yang satu bisa sangat menarik packaging-nya. Atau waktu dia ambil foto dari sudut yang menarik, yang lain hanya pasang aja di rak, difoto. Itu beda hasilnya," ungkapnya dalam sesi webinar, Selasa (6/7/2021).

Hal berikutnya yang patut dicermati adalah soal pelayanan. Jahja Setiaatmadja mengingatkan, UMKM perlu memberi kesan positif kepada konsumen, baik pada saat sebelum ataupun sesudah pemesanan.

"Apalagi kalau nanti konsumen sudah membeli barang itu. After service-nya bagaimana, kemudian timing mereka mempersiapkan, apakah kalau ada pesanan barang mereka ready dalam satu-dua hari delivery sampai di tangan konsumen," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Membina UMKM

Jahja turut membagikan pengalamannya saat membina sekitar 18 ribu UMKM. Cara pemasaran dan penempatan di e-commerce jadi salah satu kunci pembelajaran yang sangat membantu.

Selain itu, ia juga menekankan poin ekonomi hybrid yang akan sangat memainkan peran dalam persaingan UMKM di pasar digital.

"Ke depan adalah hybrid economy, dimana tidak hanya secara konvensional yang lalu, tetapi juga tidak mungkin 100 persen digital. Payment mungkin fully digitalize bisa, tapi kalau bisnis itu impossible fully digitalize," tegas Jahja Setiaatmadja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.