Sukses

Miliarder Warren Buffet Ungkap Rahasia Mudah Bikin Hidup Lebih Sukses, Apa Itu?

Mampu berkomunikasi dengan baik merupakan hal penting bagi kesuksesan diri.

Liputan6.com, Jakarta Investor dan miliarder legendaris Warren Buffett memiliki tips bagi kaum muda untuk memiliki keterampilan diri yang bisa menjadi investasi ke depannya. 

Dia membuka rahasia satu cara mudah untuk menambah nilai diri meningkat 50 persen atau lebih dari diri saat ini.

"Adalah dengan mengasah keterampilan komunikasi baik tertulis maupun lisan,” tutur Buffett dalam sebuah video yang diposting di LinkedIn, melansir laman CNBC, Rabu (7/7/2021).

Pernyataan BUffet diunggah dalam sebuah video yang diposting Michael Hood, salah satu pendiri Voiceflow rintisan yang berbasis di Toronto, yang memungkinkan penggunanya merancang, membangun, dan meluncurkan keterampilan untuk speaker pintar Amazon, Alexa, tanpa perlu tahu cara membuat kode.

“Jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan, dan tidak ada yang terjadi. Anda dapat memiliki semua kekuatan otak di dunia, tetapi Anda harus dapat membagikannya dan satu-satunya cara yakni berkomunikasi,” lanjut Buffett yang saat ini memiliki kekayaan lebih dari USD 86 miliar.

Miliarder Richard Branson pun setuju bahwa mampu berkomunikasi secara efektif akan sangat penting bagi kesuksesan seseorang.

Ia mengatakan bahwa seorang pengusaha yang ingin sukses harus menjadi pendongeng yang baik.

“Tentu saja, tidak ada gunanya menjadi pendongeng yang baik jika produk atau ide Anda adalah sampah. Tetapi tidak cukup untuk membuat produk yang hebat, Anda juga harus mencari cara agar orang tahu tentangnya," jelas Richard.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasihat Buffet

Kala itu, Hood dan Buffett sedang menuju ke Canadian Walk of Fame Inductee Gala. Hood, yang berusia 22 tahun, adalah pendamping Buffett untuk hari itu, Ia dipilih melalui inkubator start-up yang menjadi bagiannya.

Hood bertanya kepada Buffett dalam video, tips apa yang dapat diberikan kepada orang-orang. Nasihatnya adalah sesuatu yang telah dipelajari secara langsung oleh Buffett.

“Saya takut berbicara di depan umum ketika masih di sekolah menengah dan perguruan tinggi, saya tidak bisa melakukannya. Maksudnya, saya akan muntah dan segalanya,” kata Buffett dalam sebuah video BBC, yang diterbitkan pada tahun 2009.

Ketika masih muda, Buffett mengambil kursus berbicara di depan umum di Dale Carnegie, organisasi pelatihan tempat kerja dan pengembangan keterampilan profesional yang didirikan oleh penulis Dale Carnegie.

“Saya sebenarnya tidak punya ijazah kuliah, ijazah dari sekolah pascasarjana, tetapi saya punya ijazah Dale Carnegie di sana karena itu yang mengubah hidup saya,” tambah Buffett.

Dan keputusan untuk meningkatkan keterampilannya inilah yang sekarang diberitakan oleh Buffett. Ia menekankan bahwa “berinvestasilah pada dirimu sendiri.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.