Sukses

Subholding Gas Pertamina Beri UMKM Pelatihan Pemasaran Online

Pelatihan diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas mitra binaan khususnya anggota kelompok UMKM untuk dapat bersaing dengan menciptakan pasar domestik yang produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Subholding Gas Grup Pertamina berkomitmen mendukung UMKM agar bisa berdaya saing dan menunjang perekonomian nasional, dengan menyediakan energi bersih dan layanan terintegrasi.

Senior Manager Corporate Communication Badak, Yuli Gunawan mengatakan, PT Pertamina Gas (Pertagas) Operation Kalimantan Area sebagai bagian dari Subholding Gas bekerjasama dengan PT Badak NGL (Badak) untuk melaksanakan kegiatan pelatihan strategi pemasaran online bersama Shopee, ini untuk meningkatkan daya saing UMKM.

"Kami berharap Sinergi Badak dan Pertagas, dapat membantu meningkatkan kapasitas mitra binaan khususnya anggota kelompok UMKM untuk dapat bersaing dengan menciptakan pasar domestik yang produktif," kata Yuli, di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Asisten Manager QHSSE, Technical & Budgeting (QTB) Pertagas Operation Kalimantan Area, Muhammad Arifin menerangkan, kolaborasi yang dilakukan oleh Pertagas, Badak, Pemerintah Kota Bontang dan Shopee Indonesia merupakan wujud komitmen dalam membantu para pelaku bisnis mikro sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Kegiatan kolaborasi ini, sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung keberlangsungan bisnis UMKM secara optimal melalui pendampingan hulu ke hilir yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan semua pihak," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Penggunaan Gas Bumi

Sekretaris Perusahaaan PGN, Rachmat Hutama nambahkan, untuk memudahkan layanan penggunaan gas bumi, Subholding Gas menjadikan Shopee Indonesia sebagai salah satu platform pembayaran tagihan gas bumi PGN.

“Subholding Gas Group sampai dengan saat ini telah melayani sekitar 1.800 pelanggan UMKM dan lebih dari 500.000 pelanggan rumah tangga. Penambahan platform digital sangat diperlukan agar transaksi pembayaran gas semakin mudah,” ujar Rachmat.

PGN pun memberikan promo pengembaliam tunai cashback 90 persrn sampai dengan 10.000 Koin Shopee, untuk pembayaran tagihan gas PGN tanpa minimal pembayaran. Promo tersebut berlaku pada 1 sampai 31 Juli 2021 dan menggunakan metode pembayaran Shopeepay.

“Promo ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan PGN sektor rumah tangga dan pelanggan kecil atau UMKM di seluruh Indonesia. Semoga memberikan kemudahaan dan manfaat di tengah situasi pandemi ini,” tutur Rachmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Pemasaran Online

  • gas