Sukses

5 Cara Cerdas Menghemat Uang

Liputan6.com, Jakarta Dalam keinginan untuk memenuhi semua keinginan dalam hidup, satu hal yang sering menjadi sandungan adalah kondisi keuangan. Manusia tidak pernah merasa punya cukup uang untuk memenuhi hidupnya.

Untuk mengatasi semua masalah yang melelahkan ini, rumusnya cukup sederhana. Anda perlu menabung dan berhemat. Meskipun mungkin merasa sulit melakukannya di awal, manfaat dari latihan ini akan terus memotivasi saat melihat hasil akhirnya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk menabung demi masa depan. Jika Anda melakukannya dengan benar, maka akan dapat menabung dengan baik untuk apapun yang diinginkan.

Mulailah dari yang kecil, dan akhirnya Anda dapat menetapkan tujuan yang lebih besar untuk memenuhi impian. Melansir dari laman magforwoman, Minggu (3/7/2021), tercantum di bawah ini beberapa cara cerdas untuk menghemat uang.

1. Hemat berbelanja

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat daftar barang yang akan dibeli. Tantangannya adalah untuk tetap berpegang pada daftar, apa pun yang terjadi.

Supermarket adalah tempat yang sangat menggoda, dan Anda selalu membeli lebih dari yang sebenarnya dibutuhkan. Tetaplah pada daftar dan Anda akan selalu baik-baik saja. Bawalah pula uang terbatas dan jangan ada kartu tambahan. Ini akan membuat lebih disiplin dan membantu mengendalikan segala sesuatunya.

Dianjurkan pula untuk makan sebelum pergi berbelanja. Seseorang cenderung berbelanja lebih banyak dengan perut kosong. Semua jenis makanan yang tidak diinginkan tampaknya diinginkan ketika lapar.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ambil apapun yang gratis

Sekarang semua tersedia secara online dan sebagian besar gratis. Seseorang dapat membaca semua surat kabar populer secara online. Dan bagian terbaiknya adalah surat kabar dari semua negara tersedia di internet.

Anda selalu dapat memperbarui tentang dunia dengan menjelajahi situs-situs tersebut. Anda dapat membaca semua buku dan melihat acara TV secara online dan gratis, bahkan hingga streaming film.

Saat ini adalah generasi daring, di mana orang menjadi lebih cepat dan lebih pintar. Dan ini adalah salah satu area di mana pasti banyak uang yang dapat dihemat.

Seseorang memiliki akses ke segalanya. Jadi batalkan semua langganan koran dan majalah, dan dapatkan informasi dan hiburan harian secara gratis.

3. Cari teman berhemat

Aktivitas apa pun menjadi dua kali lipat menyenangkan dan setengah biaya, ketika Anda ditemani seseorang. Jadikan itu kegiatan bersama. Namun terkadang, menjadi sangat sulit untuk menabung ketika orang-orang di sekitar menghabiskan banyak uang.

Dalam hal ini, dorong orang-orang di sekitar untuk juga bergabung dengan kegiatan menabung. Jadikan itu sebagai tantangan. Seluruh proses akan menjadi lebih menyenangkan dan efektif, dan Anda juga dapat menikmati manfaatnya.

 

3 dari 3 halaman

4. Buat anggaran bulanan

Selalu bagus untuk meletakkan sesuatu di atas kertas dan merencanakannya. Mungkin Anda tidak dapat mengikuti rencana sepenuhnya, tetapi setidaknya mendekati. Tidak ada gunanya menghabiskan semua uang hasil jerih payah tanpa tujuan, tanpa memiliki gagasan sedikit pun.

Buatlah buku anggaran yang berisi semua rencana keuangan Anda di dalamnya. Rencanakan tabungan dan pengeluaran. Ingat, waktu untuk memulai adalah sekarang. Seseorang harus melakukan upaya ini sesegera mungkin.

Pastikan ada anggaran makanan atau bahan makanan. Anda tidak dapat menghabiskan lebih dari itu. Anggaran perjalanan, anggaran liburan, belanja, dan tagihan utilitas, ini semua dapat didedikasikan dalam jumlah tertentu.

Jika berlebihan pada sesuatu, kurangilah di tempat lain. Jika semua ada di atas kertas, Anda akan lebih disiplin.

5. Pantau pengeluaran setiap hari

Selalu penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang dihabiskan dan untuk apa. Membuat anggaran bulanan adalah satu hal, tetapi Anda juga harus mencatat berapa banyak yang dibelanjakan setiap hari.

Jika itu rutin dilakukan, hobi belanja spontan dan tidak realistis akan berkurang dan akan memberi Anda pelajaran. Selama peninjauan, Anda dapat melihat pengeluaran yang tidak perlu dan memotongnya sesuai dengan itu.

Disiplin dalam memantau pengeluaran yang lebih baik dapat membantu dan mendorong Anda untuk tetap berpegang pada anggaran dan rencana tabungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.