Sukses

Arsjad Rasjid Dinilai Mampu Perkuat Hubungan Buruh dengan Pengusaha

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 menggantikan Rosan Perkasa Roeslani dalam Munas VIII Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (1/7).

Tidak hanya pengusaha, Arsjad juga dekat dengan kalangan buruh. Ia juga merupakan sahabat dekat Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea yang merupakan pimpinan konfederasi buruh terbesar di Indonesia. Keduanya sama-sama meniti karir di Indika Energy.

Diharapkan kedekatan kedua pimpinan tersebut mampu menciptakan hubungan harmonis antara pengusaha dan pekerja. Tujuannya agar ekonomi yang dihantam pandemi Covid-19 bisa kembali pulih.

Melihat hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra mengibaratkan selama ini hubungan antara pekerja dan buruh bak minyak dan air. Seringkali terlibat perseteruan terutama terkait upah.

Dedi melihat hubungan kental antara Arsjad Rasjid dan Andi Gani Nena yang sama-sama berkarir di Indika Energy punya kemampuan untuk membuat sejuk hubungan industri. Apalagi, saat ini ekonomi Indonesia masih terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Secara politik stabilitas negara memang salah satunya dikendalikan oleh korporasi dan Kadin punya kekuatan itu. Sementara buruh, juga punya peran penting untuk bangkitnya ekonomi di masa pandemi. Jadi, hubungan baik antara pimpinan pengusaha dan pekerja ini diharapkan membuat suasana industri kembali nyaman," katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Dedi melihat kedekatan Arsjad dengan pimpinan buruh ini diharapkan mampu kembali merekatkan hubungan keduanya.

Karena, kata Dedi, sudah saatnya pengusaha dan pekerja bahu membahu membangkitkan kembali ekonomi. Penguatan hubungan dapat terwujud dalam peningkatan skill, kompetensi, dan produktivitas agar tenaga kerja berdaya saing tinggi dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dedi yakin Arsjad Rasjid merupakan sosok yang tegak lurus hanya untuk kepentingan dan kemajuan ekonomi bangsa. Tidak ada agenda politik atau tersembunyi lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Selamat

Sementara itu, Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengucapkan selamat kepada koleganya yang terpilih sebagai Ketua Umum Kadin.

"Sebagai sahabat saya mengucapkan selamat. Semoga kepercayaan ini bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Andi Gani optimistis Arsjad punya kemampuan komunikasi yang baik dengan kalangan buruh. Dibawah komando Arsjad, Andi Gani percaya Kadin bisa punya hubungan harmonis dengan buruh Indonesia.

Andi Gani yang juga memimpin Asean Trade Union Council mengaku sangat gembira sahabat dekatnya Arsjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia yang baru.

"Karena, saya tahu persis tujuan Arsjad memimpin Kadin hanya untuk mengabdikan diri untuk negeri ini," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Arsjad Rasjid merupakan seorang pengusaha sekaligus Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk.

    Arsjad Rasjid

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Buruh adalah sebutan lain dari seorang yang bekerja untuk orang lain.

    Buruh

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha