Sukses

Menko Airlangga dan Wamendag Kompak Dukung Pengelolaan Kripto

Kripto dianggap merupakan bagian dari transformasi sistem ekonomi dan keuangan dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kripto dianggap merupakan bagian dari transformasi sistem ekonomi dan keuangan dunia. Oleh karena itu negara dan masyarakat harus punya pemahaman dan kesiapan institusi untuk menghadapi tranformasi itu.

Demikian disampaikan oleh CEO BBJ Paulus Lumintang, CEO Indodax Oscar Darmawan dan peserta lain dalam diskusi Balitbang Golkar mengenai urgensi pengelolaan perdagangan kripto di Indonesia.

kripto disebut akan terus meluas dan meningkat penggunaannya. Beberapa negara mengambil jarak dengan kripto, beberapa negara lain belum mengatur soal kripto. Indonesia sendiri berinisiatif untuk proaktif dalam hal kripto ini.

"Kita harus pastikan bahwa perusahaan dan pelaku kripto mematuhi aturan keuangan dan perdagangan di Indonesia, bukan sebaliknya," kata Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga yang juga sekaligus merupakan Wakil Menteri Perdagangan melalui keterangannya, Kamis (1/7/2021).

Pernyataan Jerry ini untuk menjawab kekhawatiran peserta mengenai dampak negatif perusahaan kripto trans-nasional ditolak oleh beberapa negara.

Menurut Jerry Indonesia perlu mengambil sikap agar tidak gagap dengan transformasi kripto. Dengan begitu Indonesia bisa memaksimalkan potensi positifnya dan mengelola dampak sampingannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Airlangga

Apa yang dikatakan Jerry sejalan dengan sikap Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Menurut Airlangga, diperlukan kerangka aturan yang komprehen terhapa perubahan ini.

"Melihat trend, nampaknya kripto akan makin dirasakan kehadirannya. Karena itu negara harus responsif, akomodatif sekaligus antisipatif," kata Ketua Umum Golkar itu.

Airlangga menilai perdagangan kripto yang sudah mencapai Rp 370 triliun dengan pelanggan yang mencapai 6,4 juta adalah sebuah kondisi riil yang harus dikelola dengan baik. Ke depan perdagangan kripto akan lebih mapan dengan potensi produk yang makin beragam.

"Yang terpenting adalah bagaimana agar pengembangan itu makin mendukung kepentingan nasional," kata Airlangga.

Baik CEO Indodax Oscar Darmawan maupun CEO BBJ Paulus Lumintang menilai bahwa sikap Golkar yang proaktif terhadap isu-isu yang berkaitan dengan kripto adalah angin segar.

Hal ini karena keduanya menilai harus ada kesepahaman visi dan pandangan dari berbagai stake holder sehingga pengelolaan kripto di Indonesia bisa lebih baik dan selangkah lebih maju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.