Menanti Gebrakan Arsjad Rasjid Jadi Ketum Kadin

Oleh Tira Santia pada 29 Jun 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 29 Jun 2021, 09:30 WIB
Arsjad Rasjid
Perbesar
Calon Ketum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (tengah) saat diwawancara usai menerima dukungan pencalonannya dari pengurus Kadin Jambi. (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani menyebut  Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, periode 2021-2026. Hal itu disampaikan saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2021) kemarin.

Menanggapi, Ketua Umum DPD HIPPI Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengapresiasi persaingan kandidat calon Ketum Kadin bisa di selesaikan di luar sidang pleno Munas.

"Ini sejarah baru dalam perhelatan Munas selama ini bahwa persaingan dapat diselesaikan diluar sidang pleno Munas dan menyepakati siapa Ketua Umum dan Ketua Dewan Pertimbangan," kata Sarman kepada Liputan6.com, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya,  penetapan Arsjad menjadi Ketua Umum hannya menunggu waktu dan ketok palu pada Pleno Munas yang akan dilaksanakan tanggal 30 Juli 2021 di Kendari Sulawesi Tenggara.

Di samping itu, Sarman mengaku tidak begitu kenal sosok Caketum Arsjad Rasjid. Namun dilihat dari literatur yang dia baca, Arsjad merupakan seorang yang profesional yang sukses memimpin PT Indika Energy Tbk dan duduk sebagai Komisaris di perusahaan swasta nasional.

"Jika nantinya beliau ditetapkan menjadi Ketua Umum tentu ditunggu gebrakan dan kecerdasannya untuk menjawab tantangan ekonomi saat ini," ujarnya.

Sarman berpendapat, dengan terpilihnya Arsjad tentunya Pemerintah memiliki harapan besar kepada Ketua Umum Kadin terpilih bagaimana memulihkan ekonomi  ditengah tekanan pandemi covid-19  dan bangkit kembali keluar dari zona resesi dengan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Sebagai informasi, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani menyepakati antara Calon Ketua Umum Kadin, bahwa Arsjad Rasjid menjadi Ketua Umum dan Anindya Bakrie menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sederet Harapan Pengusaha ke Ketum Baru Kadin

Arsjad Rasjid
Perbesar
Asrjad Rasjid, calon ketua umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) bertemu dengan Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi, Minggu (23/5/2021).

Arsjad Rasjid secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang baru, menggantikan Rosan P. Roeslani. Sementara itu, kandidat ketua lainnya, Anindya Bakrie terpilih menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Penugasan ketua umum baru ini mendapat respon positif dari pengusaha muda. Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H. Maming mengatakan, pemilihan ketua umum yang baru menjadi usaha yang baik di tengah perjuangan Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

"Dua tokoh kader terbaik Kadin saat ini bisa berkolaborasi, bertanding untuk bersanding, bersanding untuk membangun Kadin dan ekonomi Indonesia," kata Maming saat dihubungi Liputan6.com, Senin (28/6/2021).

Lanjutnya, penunjukkan Arsjad dan Anindya merupakan awal yang baik. Diharapkan, Kadin Indonesia bisa lebih solid dan bersatu dalam melahirkan lapangan kerja baru dan mengaktifkan industri di Indonesia agar lebih akseleratif.

Di sisi lain, Maming turut mengapresiasi usaha Anindya yang berbesar hati dan tetap menerima tugas yang diberikan padanya.

"Kita apresiasi juga Pak Anindya Bakrie yang bisa legowo dalam kontestasi Munas Kadin, ini sebuah tindakan yang negarawan, kita perlu lahirkan pahlawan ekonomi ke depan. Jadi ini cerminan kepada seluruh pengusaha di Indonesia, bagaimana bisa gotong royong membangun ekonomi terlebih di pandemi Covid-19," tandas Maming.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya