Sukses

Jangan Lupakan 3 Anggaran saat Pindah ke Rumah Baru

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah adalah impian semua orang. Namun untuk mewujudkannya, tentu semua itu harus dengan uang.

Perlu diingat, ketika Anda akan membeli rumah baru, janganlah sekadar memikirkan uang mukanya. Akan tetapi, pikirkan pula pengeluaran lain saat Anda akan membeli rumah baru.

Sebelum membeli rumah, pastikan kondisi keuangan Anda mencukupi. Hal itu karena ketika Anda memiliki uang yang cukup, setidaknya bisa memenuhi kebutuhan penting, seperti pengeluaran sehari-hari, keperluan mendesak, atau untuk biaya kepemilikan rumah.

Ketiga hal itu dinilai penting, tapi ternyata ada beberapa hal penting lainnya yang mungkin terlupakan bagi sebagian orang.

Sebab itulah, ketika Anda mengumpulkan uang untuk membeli rumah, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari karena tidak menyisikan uang.

Berikut ini tiga hal penting lainnya terkait pengeluaran ketika akan membeli rumah baru, seperti melansir USA Today, Jumat (2/7/2021).

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Biaya pindah rumah

Pengeluaran untuk biaya pindah rumah terbilang penting. Itu karena ketika Anda membeli rumah yang sedikit lebih jauh dari rumah sebelumnya, tentu kemungkinan menyewa sebuah truk untuk mengangkut barang-barang.

Tidak hanya itu, mungkin Anda pun akan membutuhkan sebuah kotak besar yang bisa digunakan untuk menaruh barang-barang kecil. Hal itu dilakukan supaya barang tersebut tidak tercecer ke mana-mana ketika Anda pindah rumah.

Atau bisa jadi pula ketika akan pindah rumah dan Anda tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk berkemas atau tidak mampu mengangkat barang yang sangat besar sendirian, Anda bisa membayar seseorang untuk membantu saat pindahan.

Oleh karena itulah, penting bagi Anda menganggarkan biaya untuk pindah rumah.

2. Beli perabot baru

Ketika pindah ke rumah baru yang lebih besar, kemungkinan Anda pun akan membeli beberapa perabotan rumah karena di rumah sebelumnya mungkin saja tidak memiliki banyak perabotan.

Dengan pindah dari rumah yang sebelumnya berukuran kecil ke lebih besar, tentu Anda akan mengisi kekosongan ruang baru itu dengan berbagai jenis perabot rumah.

Oleh karena itu, jangan lupakan anggaran untuk membeli perabot baru. Hal itu karena mungkin ketika sudah pindah rumah, Anda membutuhkan sebuah perabot yang belum Anda miliki.

Jika Anda sudah memiliki anggaran untuk ini, tentu sudah tidak kebingungan lagi.Mungkin Anda bisa memikirkannya sejak sebelum membeli rumah atau saat menabung untuk beli rumah.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Pengeluaran untuk fasilitas rumah

Hal terpenting ketiga adalah Anda harus memikirkan pengeluaran untuk sambungan listrik dan saluran air ketika sudah pindah ke rumah baru.

Selain itu, mungkin juga Anda akan membutuhkan sambungan internet. Hal-hal seperti itu tentu membutuhkan anggaran.

Di samping itu, untuk memasang segala keperluan tersebut, mungkin Anda juga tidak bisa melakukannya sendiri alias pasti membutuhkan seorang ahli.

Karena itulah, perlu dipikirkan pula anggaran untuk hal ini agar momen pindah rumah Anda tidak terlalu buruk.

Persiapkanlah segala keperluan dengan baik dan lebih baik memiliki anggaran lebih banyak daripada Anda harus kekurangan. Untuk itu, menabunglah sebanyak mungkin sebelum Anda membeli dan pindah ke rumah baru.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.