Sukses

Sederet Harapan Pengusaha ke Ketum Baru Kadin

Arsjad Rasjid secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang baru, menggantikan Rosan P. Roeslani.

Liputan6.com, Jakarta Arsjad Rasjid secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang baru, menggantikan Rosan P. Roeslani. Sementara itu, kandidat ketua lainnya, Anindya Bakrie terpilih menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Penugasan ketua umum baru ini mendapat respon positif dari pengusaha muda. Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H. Maming mengatakan, pemilihan ketua umum yang baru menjadi usaha yang baik di tengah perjuangan Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

"Dua tokoh kader terbaik Kadin saat ini bisa berkolaborasi, bertanding untuk bersanding, bersanding untuk membangun Kadin dan ekonomi Indonesia," kata Maming saat dihubungi Liputan6.com, Senin (28/6/2021).

Lanjutnya, penunjukkan Arsjad dan Anindya merupakan awal yang baik. Diharapkan, Kadin Indonesia bisa lebih solid dan bersatu dalam melahirkan lapangan kerja baru dan mengaktifkan industri di Indonesia agar lebih akseleratif.

Di sisi lain, Maming turut mengapresiasi usaha Anindya yang berbesar hati dan tetap menerima tugas yang diberikan padanya.

"Kita apresiasi juga Pak Anindya Bakrie yang bisa legowo dalam kontestasi Munas Kadin, ini sebuah tindakan yang negarawan, kita perlu lahirkan pahlawan ekonomi ke depan. Jadi ini cerminan kepada seluruh pengusaha di Indonesia, bagaimana bisa gotong royong membangun ekonomi terlebih di pandemi Covid-19," tandas Maming.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arsjad Rasjid Terpilih Jadi Ketua Umum Kadin yang Baru

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan Arsjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Umum Kadin yang baru menggantikan dirinya. Sementara Anindya Bakrie menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Keputusan tersebut telah dilaporkan Rosan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, pada Senin, 28 Juni 2021 ini.

"Antara kedua caketum sudah ada kesepakatan musyarawah untuk mufakat yang disampaikan ke Pak Presiden. Intinya adalah keduanya setuju untuk dua-duanya jadi ketua. Bedanya, yang satu Ketua Dewan Pertimbangan yaitu pak Anindya Bakrie.Yang satu lagi jadi Ketua Umum Kadin Indonesia, rencananya pak Arsjad," ungkap Rosan dalam konferensi pers daring, Senin (28/6/2021).

Dengan menyebut keputusan tersebut akan dibawa ke Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kadin di Kota Kendari, Sultra.

Dia memastikan Munas Pemilihan Ketua Umum Kadin tetap digelar pada Rabu 30 Juni 2021 dengan prokes ketat. "Keputusan ini akan dibawa ke Munas untuk direalisasikan sesuai AD/ART yang ada," ungkapnya.

"Kami untuk ke sananya akan dicarter-kan pesawat, pesawat Garuda. Tidak ada mereka pergi-pergi sendiri, jadi sebelum berangkat kita tes dulu, semua kombinasi PCR dan Antigen," tambahnya.

Selain itu, Rosan menyatakan Presiden Jokowi mengapresiasi keputusan pemilihan ketua umum Kadin baru yang digelar tanpa polemik.

"Pak Presiden apresiasi bahwa dunia usaha mencari solusi terbaik, dan tidak saling menang sendiri. Saya juga apresiasi sekali pak Anindya Bakrie yang telah 15 tahun jadi Wakil Ketua Umum dan sangat memahami dinamika ini, sehingga beliau majunya jadi Ketua Dewan Pertimbangan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Arsjad Rasjid merupakan seorang pengusaha sekaligus Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk.

    Arsjad Rasjid