5 Masalah yang Bisa Muncul Karena Tidak Punya Asuransi, Jangan Sampai Terjadi pada Anda!

Oleh Gilar Ramdhani pada 30 Jun 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2021, 08:00 WIB
5 Masalah yang Bisa Muncul Karena Tidak Punya Asuransi, Jangan Sampai Terjadi pada Anda!
Perbesar
Ilustrasi seseorang terkejut dengan tagihan rumah sakit. Credit: Shutterrstock.

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam aktivitas sehari-hari, kita tak luput dari berbagai macam resiko, seperti risiko finansial, kecelakaan maupun kesehatan. Untuk melindungi diri dari risiko tersebut, setiap orang membutuhkan yang namanya asuransi. 

Sayangnya minat masyarakat terhadap asuransi masih rendah, terutama asuransi kesehatan dan jiwa. Padahal kehadiran asuransi sangat penting, tidak hanya untuk melindungi berbagai risiko yang ada tetapi juga untuk memastikan mendapatkan pelayanan dan kehidupan yang lebih baik.

Bila biasanya kamu sudah banyak membaca artikel mengenai manfaat asuransi, kini sebaliknya akan sekilas mengulas persoalan yang muncul gara-gara tidak memiliki asuransi.

1. Sulit mendapatkan pengobatan

Mereka yang tidak memiliki asuransi cenderung akan lebih lama untuk mendapatkan pengobatan atau tindakan. Misalnya saja terkait rontgen dan penggunaan obat-obatan, mereka biasanya harus menyelesaikan pembayaran biaya tindakan medis sebelum penanganan medis dilanjutkan.

2. Alami tekanan saat pengobatan

 

Ilustrasi seseorang pusing memikirkan tagihan rumah sakit
Perbesar
Ilustrasi seseorang pusing memikirkan tagihan rumah sakit. Credit: Shutterrstock.

Mereka yang tidak memiliki asuransi berisiko mengalami tekanan psikologi dan keuangan yang lebih besar. Semakin banyak tindakan medis dan lama perawatan, maka makin besar biaya yang harus dikeluarkan. Tidak hanya menekan diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga. Mengalami tekanan saat pengobatan ini sangat tidak baik karena bisa menghambat kesembuhan atau malah memperparah kesehatan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Muncul pengeluaran tak terduga

5 Masalah yang Bisa Muncul Karena Tidak Punya Asuransi, Jangan Sampai Terjadi pada Anda!
Perbesar
Ilustrasi seseorang terkejut dengan tagihan rumah sakit. Credit: Shutterrstock.

 

Biaya pengobatan di rumah sakit bisa tak terduga, tergantung penyakit dan masalah kesehatan yang dialami. Bila sampai ada tindakan operasi, maka biaya yang dikeluarkan semakin besar. Keluar dari rumah sakit, masih ada perawatan lanjutan yang harus dijalani yang berarti menambah biaya lagi. 

Itu baru masalah kesehatan yang menimpa kamu atau keluarga, bagaimana bila itu kasus kecelakaan dan harus ada ganti rugi barang kepada pihak lain. Maka ada biaya lagi yang harus dikeluarkan.

4. Mencari dana pinjaman

Biaya pengobatan yang besar dan membengkak seringkali membuat pasien dan keluarga harus mencari dana pinjaman. Ada banyak konsekuensi yang bisa harus dihadapi misalnya bila pinjam ke bank atau lembaga keuangan, maka ada bunga yang ditanggung. 

5. Masalah dengan keluarga

Apabila pasien mengalami kesulitan dalam menyelesaikan biaya pengobatan, maka pihak wali atau keluarga yang akan menanggungnya. Biasanya akan timbul masalah dikemudian hari perihal penggantian atau hal lain. Gara-gara masalah keuangan, hubungan keluarga bisa dipertaruhkan.

Untuk mencegah beberapa masalah seperti yang  muncul di atas, maka salah satu jalan keluarnya adalah memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Nantinya, risiko finansial Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai polis asuransi yang Anda miliki.

Jika ingin memiliki asuransi yang tepat dengan harga yang terjangkau, Anda bisa memanfaatkan DANA Siaga yang ada di aplikasi DANA. Ada banyak jenis produk yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa dan kecelakaan, dengan premi super terjangkau mulai Rp15.000,-. Bahkan DANA Siaga juga menyediakan asuransi motor dan gadget kesayangan Anda.

Yuk, berikan perlindungan lebih pada kesehatan Anda dan #BebasDrama dari masalah finansial dengan DANA Siaga di aplikasi DANA. Selain beli asuransi, Anda, juga bisa juga atur keuangan dengan sisihkan uang di DANA Goals atau investasi pakai DANA eMAS.

#BebasDrama pakai DANA.
Perbesar
#BebasDrama pakai DANA.

Tak usah khawatir dengan keamanan simpanan kamu, karena ada DANA Protection yang menjamin transaksi aman dengan sistem keamanan berlapis dan dinamis juga ada garansi 100% uang kembali sesuai syarat & ketentuan di aplikasi DANA. 

Pakai dompet digital DANA untuk semua transaksi dan pastikan hidup #BebasDrama.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya