Kasus Covid-19 Melonjak, Menhub Budi Karya Gelar Doa Bersama Imam Masjid Istiqlal

Oleh Tira Santia pada 27 Jun 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2021, 14:00 WIB
Penggunaan GeNose C19 untuk Pengecekan COVID-19 Akan Diterapkan di Terminal dan Stasiun
Perbesar
Menhub Budi Karya Sumadi tiba untuk dites dengan GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/1/2021). Menhub akan mengimplementasikan penggunaan GeNose C19 sebagai alat pendeteksi COVID-19 pada calon penumpang di terminal dan stasiun kereta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar kegiatan doa bersama dalam rangka menyikapi tingginya kasus covid-19 yang melanda Indonesia. Doa ini sekaligus mengingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap penyebaran covid-19.

"Cobaan pandemi ini akan mampu kita hadapi bersama dengan cara tetap berikhtiar, bersabar, dan berdoa, mohon kekuatan kepada Allah SWT dengan keimanan dan ketaqwaan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya, Minggu (27/6/2021).

Menhub Budi menegaskan bahwa Kemenhub telah berupaya mencegah penyebaran virus covid-19 dengan berbagai kebijakan di sektor transportasi. Namun, ternyata upaya tersebut masih belum cukup lantaran masih banyak masyarakat yang masih abai akan protokol kesehatan.

Sehingga kasus covid-19 melonjak kembali dalam beberapa pekan terakhir. Lantaran ditemukan barian baru yakni covid-19 varian delta yang berasal dari India yang penyebarannya cepat dibanding varian virus covid-19 lainnya.

Lanjutnya, berdasarkan data per Sabtu 26 Juni 2021 total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 2 juta orang.

"Artinya dalam satu hari ada penambahan yang luar biasa. Dan kemarin (Sabtu), tercatat lebih dari 21.000 yang terpapar. Ini merupakan rekor dari hari-hari sebelumnya. Dari jumlah itu, sebanyak 2,7 persen atau 56.000 orang meninggal dunia," ujarnya.

Oleh karena itu, menyikapi hal tersebut, Kemenhub mengadakan doa bersama dengan menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta K.H. Nasaruddin Umar untuk memimpin doa secara virtual.

“Sungguh (pandemi Covid-19) ujian berat bagi kita semuanya. Itulah mengapa saya meminta diselenggarakan acara ini agar kita bisa saling menguatkan dan mendengarkan tausiyah, siraman rohani dari Imam Besar Istiqlal Jakarta,” pungkasnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Vaksinasi COVID-19 RI Pecah Rekor 1,3 Juta per Hari pada 26 Juni 2021

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Perbesar
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka Jakarta, Senin (10/5/2021). (Humas Sekretariat Kabinet)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 di Indonesia pecah rekor sebanyak 1,31 juta per hari. Capaian target terjadi pada Sabtu, 26 Juni 2021 atau lebih awal dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu mulai Juli 2021.

Target vaksinasi COVID-19 tersebut dicapai berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak, terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pihak swasta yang turut membantu.

Kenaikan juga ditopang oleh operasi 1 juta vaksinasi COVID-19 yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh TNI/Polri.

“Secercah berita baik, Indonesia berhasil melakukan 1.3 juta vaksinasi per hari yang dicapai kemarin (Sabtu). Terima kasih untuk TNI/Polri, Pemerintah Daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu,” ujar Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan resmi Kementerian Kesehatan, Minggu (27/6/2021).

“Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus, sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi. Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi."

Per tanggal 26 Juni 2021, vaksinasi COVID-19 dosis pertama telah dilakukan pada lebih dari 27 juta orang dan vaksinasi dosis kedua pada lebih dari 13 juta orang.

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi COVID-19.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Pasukan Emak-Emak Lawan Covid-19

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya