Sukses

Pesan Bos Bappenas ke Margo Yunowo, Jadikan BPS Lembaga Bergengsi

BPS harus terus mampu melakukan adaptasi teknologi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa ingin Kepala Badan Pusat Statistik Mergo Yuwono membawa BPS jadi lembaga berkelas. Dia menyebut, BPS harus terus mampu melakukan adaptasi teknologi.

Pengabdian Margo Yuwono selama bekerja di BPS menjadi kunci untuk menciptakan berbagai terobosan baru. Di mana, data dari badan tersebut menjadi landasan bagi kementerian dan lembaga dalam menjalankan berbagai program serta mengambil kebijakan.

"Kami percaya dengan kemampuan dan pengalaman integritas saudara akan mampu dan kami harap dapat dibuktikan melalui serangkaian tahapan kegiatan pekerjaan yang segera akan dijalankan untuk membawa BPS menjadi lembaga yang lebih maju dan bahkan menjadi berkelas," katanya, Jakarta, Jumat (25/6).

Suharso melanjutkan, tantangan BPS cukup berat. Beberapa di antaranya adalag big data dan kemajuan teknologi. BPS diminta mampu memanfaatkan big data sebagai alternatif sumber data baru serta menghasilkan data-data yang akurat.

"BPS sebagai satu-satunya lembaga, satu-satunya penyedia official statistik di Indonesia kita harapkan mampu terus meningkatkan kinerjanya dan menghasilkan data yang cepat akan memberikan nilai tambah dan manfaat sebagai dasar pengambilan keputusan yang diperlukan," katanya.

Suharso juga berpesan, program-program yang sudah berjalan dengan baik saat ini bisa dilanjutkan di masa mendatang. "Saya harap hal-hal yang sudah baik ini terus dilanjutkan di masa mendatang, kami percaya dengan kemampuan dan pengalaman integritas saudara," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri PPN Resmi Melantik Margo Yuwono Jadi Kepala BPS Baru

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa resmi melantik Margo Yuwono sebagai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) baru menggantikan Kecuk Suhariyanto.

Margo Yuwono naik menggantikan Suhariyanto yang memasuki masa pensiun untuk menakhodai BPS. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik.

Adapun prosesi pengangkatan Kepala BPS ini digelar secara terbuka dan virtual melalui laman YouTube @BPS Statistics, Jumat (25/6/2021).

"Saya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dengan ini secara resmi melantik saudara Margo Yuwino di posisi baru di lingkungan BPS," ujar Suharso saat membacakan naskah pelantikan.

"Saya percaya saudara akan lakukan tugas sebaik-baiknya dengan tanggung jawab yang diberikan," dia menegaskan.

Keputusan pengangkatan Kepala BPS baru ini mengacu pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 79/TPA/2021 tentang pemberhentian dari jabatan pimpinan utama dan madya dan pengangkatan jabatan pimpinan utama di lingkungan BPS.

Penetapan Kepres terkait pengangkatan Kepala BPS ini sebenarnya mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, yakni pada 28 Mei 2021. Namun proses pengangkatannya baru bisa dilakukan pada Jumat, 25 Juni 2021. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPS atau Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

    BPS

  • Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional.

    Bappenas

  • Margo Yuwono