Transaksi DANA Tumbuh 164 Persen di Mei 2021, Jadi Pencapaian Tertinggi

Oleh Andina Librianty pada 23 Jun 2021, 14:09 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 14:10 WIB
Agar Uang Tidak Cepat Habis, Milenial Wajib Lakukan 6 Hal ini
Perbesar
DANA, satu aplikasi untuk semua pembayaran.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan finansial teknologi (fintech) pembayaran, DANA, mencatat rata-rata transaksi harian terus naik dalam lima bulan terakhir dari Rp 3 juta pada Desember menjadi Rp 5 juta.

Transaksi tertinggi terjadi pada Mei 2021 dengan pertumbuhan 164 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Transaksi tertinggi terjadi pada Mei 2021. Jumlah transaksi telah tumbuh 164 persen yoy dibandingkan Mei 2020," kata CEO DANA, Vincent Iswara, dalam konferensi pers pada Rabu (23/6/2021).

Selama lima bulan terakhir, dikatakan terjadi banyak kemajuan. Pertumbuhan transaksi juga didorong dengan meningkatnya jumlah pengguna. Dana hingga per Mei 2021 memiliki total 70 juta pengguna, naik dari 50 juta pada Desember tahun lalu.

Adapun pertumbuhan transaksi, menurut Vincent, didorong 5 kategori produk utama di Dana. Pertama, pembayaran melalui Qris melalui aplikasi Dana terus mengalami pertumbuhan dan menjadi yang paling besar dalam enam bulan terakhir.

Pembayaran melalui Qris saat ini tercatat tumbuh 309 persen dari sisi MAU (Monthly active users) dan 131 persen dari transaksinya dibandingkan akhir 2020.

"Sekarang Dana sudah bisa digunakan di lebih dari 7,2 juta offline merchant yang menerima Qris di Indonesia. Ini mengapa transaksinya melesat sekali, dan ini memperlihatkan orang sudah mulai transaksi offline kembali," tutur Vincent.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Produk Lainnya

Aplikasi DANA
Perbesar
Aplikasi DANA.

Sementara itu, fitur pengiriman uang juga mengalami pertumbuhan MAU lebih dari 91 persen dan transaksi 99 persen.

Pre-paid mobile juga tumbuh lebih dari 200 persen MAU dan 174 persen pertumbuhan dari sisi transaksi.

Transaksi belanja online melalui Dana juga mengalami pertumbuhan 73 persen MAU dan lebih dari 91 persen untuk transaksi. Sementara itu, biller atau layanan pembayaran seperti untuk listrik, air dan lainnya melalui Dana juga mengalami lonjakan 103 persen secara MAU dan 93 persen dari sisi transaksi.

"Jadi kalau dilihat dari semua ini, pertumbuhan selama lima bulan terakhir ini sangat pesat. Jadi pengguna semakin banyak, setiap pengguna semakin aktif, transaksi semakin besar dan keseluruhan kita mengalami pertumbuhan yang sangat baik," ungkap Vincent.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya