Sukses

Indonesia Siap Selenggarakan MotoGP, tapi Penonton Dibatasi

Pemerintah Indonesia terus melakukan sejumlah persiapan untuk ajang internasional MotoGP dan Superbike di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia terus melakukan sejumlah persiapan untuk ajang internasional MotoGP dan Superbike di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Saat ini sirkuit Mandalika sedang tahap pengaspalan lapisan ketiga. Proses ini diperkirakan akan selesai pada Agustus tahun ini.

"Mandalika progresnya terus kita siapkan. Sirkuit menuju ke lapisan ketiga dan selesai di Agustus," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang dalam proses pembangunan infrastruktur. Proses ini kata Sandiaga sudah mencapai 70 persen.

Perluasan bandar udara, Zainuddin Abdul Madjid sudah mencapai 99 persen. Bandara internasional ini hanya tinggal menunggu diresmikan Presiden Joko Widodo atau pejabat yang berwenang.

"Bandara tinggal diresmikan. Landasan tinggal finalisasi, jadi kami sangat siap," kata dia.

Hanya saja berbagai ekspektasi yang diharapkan dari mega proyek pemerintah ini masih tersandung dampak pandemi Covid-19. Kemungkinan dalam pelaksanaanya, Pemerintah akan membatasi jumlah penonton yang bisa menyaksikan secara langsung.

"Kalau memungkinkan kita akan sesuaikan jumlah penonton yang hadir secara langsung," kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Meski begitu diharapkan pelaksanaan ajang internasional ini bisa berdampak pada ekonomi lokal. Membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat penyangga kawasan wisata.

"Diharapkan ini berdampak ke ekonomi lokal dan bisa membuka peluang kerja baru," kata Sandiaga Uno.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung MotoGP, Bypass Mandalika Rampung September 2021

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)- Kawasan Pariwisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (1/6/2021) sore.

Pembangunan jalan pintas sepanjang 17,3 km tersebut akan meningkatkan jaringan jalan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika-Lombok, sekaligus mendukung konektivitas sirkuit MotoGP yang juga dibangun di kawasan tersebut.

Dalam kunjungannya, Menteri Basuki mengatakan, pengecekan dilakukan untuk mengevaluasi dukungan infrastruktur perhelatan Kejuaraan Dunia Superbike yang rencananya diselenggarakan pada November 2021 dan MotoGP 2022.

"Disampaikan sesuai kontrak selesai Oktober 2021, saya minta tolong betul untuk dapat selesai lebih cepat sebelum Oktober. Saya kira September sudah bisa selesai," imbuh Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021).

Secara layout, menurut dia Bypass BIL-Mandalika sudah bagus dengan lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median. Di beberapa titik juga dilengkapi jembatan, overpass, dan jembatan penyeberangan orang untuk memfasilitasi permukiman di sekitar.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mentatakan siap membantu menyelesaikan kendala-kendala dalam pembangunan Bypass BIL-Mandalika yang menjadi tugas dan tanggung jawab Pemprov NTB.

"Kalau ada yang dibutuhkan dari Pemda silakan, kami siap membantu," tutur Zulkieflimansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.