Wapres Ma'ruf Amin Fokus soal Pembangunan Tanah Papua

Oleh Liputan6.com pada 21 Jun 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 18:45 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Biro Pers Sekretariat Wapres)
Perbesar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Biro Pers Sekretariat Wapres)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, memanggil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa, untuk melakukan koordinasi terkait dengan masalah pembangunan kesejahteraan Papua. Bappenas sendiri memang ditunjuk menjadi koordinator pelaksana terkait dengan pembangunan kesejahteraan di daerah tersebut.

"Tadi siang Wakil Presiden sengaja memanggil Menteri Bappenas (Suharso) untuk melakukan koordinasi terkait dengan masalah pembangunan kesejahteraan Papua. Sebelumnya sepekan yang lalu itu Wakil Presiden juga khusus memanggil Menteri Keuangan (Sri Mulyani) terkait dengan pendanaan pembangunan kesejahteraan," kata dia Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Masduki mengatakan, sedari awal Wapres, Ma'ruf Amin memang diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk mengkoordinasi langkah-langkah bagaimana agar ada percepatan pembangunan kesejahteraan Papua. Namun karena beragam hal, termasuk adanya pandemi Covid-19 membuat koordinasi tersebut sulit.

Di sisi lain, Wapres Ma'ruf juga masih banyak hal yang perlu dikoordinasikan terutama terkait pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pendidikan, infrastruktur, pengentasan kemiskinan dan lain-lain. "Semua itu perlu dikoordinasikan penanganannya itu kan ada di berbagai lembaga dan kementerian," kata dia.

Oleh karena itu, sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan Papua Wapres Ma'ruf melakukan koordinasi dengan Bappenas sebagai koordinator pelaksana. Usai pertemuan ini, nantinya akan ditindaklanjuti melalui rapat terbatas di Istana Negara.

"Wakil presiden akan melangkah untuk mempersiapkan kapan akan ada rapat terbatas dengan presiden. Jadi ini semuanya dalam rangka bagaimana wakil presiden untuk segera melaporkan semua kesiapan ini kepada presiden dalam ratas," jelas Wapres.

 

Terbang ke Papua

Para pengukir dari Suku Asmat
Perbesar
Para pengukir dari Suku Asmat, Papua. (Liputan6.com/Loop/John Ohoiwirin)

Masduki melanjutkan, setelah dilakukan ratas Wapres Ma'ruf juga akan berencana untuk bertolak langsung ke Papua. Itu dilakukan untuk bersilaturahmi sekaligus melihat langsung kondisi pembangunan di daerah tersebut.

"Setelah itu ratas akan terlaksana tidak akan lama lagi mudah-mudahan pekan depan atau di awal Juli setelah itu Insya Allah Wakil Presiden akan berkunjung ke Papua untuk bgaimana segera bisa bersilaturahim dengan saudara-saudara di Papua dan segera bisa membangun mensejahterakan masyarakat Papua," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, akan memanggil Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk membicarakan pendanaan kesejahteraan dan pembangunan Papua tahun 2021. Wapres ingin mengonfirmasi kenapa pendanaan belum berjalan dengan baik.

"Karena sebagaimana kita ketahui Wakil Presiden itu bertanggung jawab berdasarkan perintah Keppres itu bertanggung jawab mengoordinasi pembangunan dan kesejahteraan Papua. Ini bulan Juni semua belum berjalan dengan baik, oleh karena itu Wapres ingin segera proses pembangunan segera berjalan," kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, di Jakarta, Kamis (17/6).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓