Sukses

Kasus Covid-19 Mengganas, Pemerintah Percepat Vaksinasi

Per 15 Juni, realisasi vaksinasi dua suntikan (genap) sudah menjangkau 11,7 juta orang (6,4 persen dari target).

Liputan6.com, Jakarta - Situasi penularan Covid-19 yang makin parah, Presiden Joko Widodo selalu menekankan pentingnya vaksinasi secara masif. Lonjakan kasus ditandai dengan temuan varian Delta B-1617.2 yang dikonfirmasi langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Varian baru Covid-19 ini muncul di DKI Jakarta, Kudus, dan Bangkalan, Madura, tiga episentrum ledakan pandemi di Jawa, pascalebaran.

Penanganan jangka panjang melalui vaksinasi pun dikebut. Presiden Jokowi diberbagai tempat meninjau pelaksanaan vaksinasi dan telah memerintahkan ke Menteri Kesehatan agar kecepatan vaksinasi.

"Untuk akselerasi vaksinasi disampaikan agar dipercepat, beliau (Presiden Jokowi) meminta agar 700 ribu per hari bulan ini bisa disentuh. Kemudian satu juta vaksinasi perhari untuk bulan depan bisa juga dicapai," ujar Menkes dikutip dari laman Indonesia.go.id, Senin (21/6/2021)

Secara khusus Presiden juga menginstruksikan agar Pemprov DKI mempercepat vaksinasi, dengan 100 ribu suntikan per hari. Targetnya 7,5 juta warga DKI bisa selesai divaksin pada Agustus.

“Ini memang target yang sangat ambisius. Tapi, mau tidak mau, kita harus ke sana, untuk mencapai kekebalan komunal,” tutur Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Per 15 Juni, realisasi vaksinasi dua suntikan (genap) sudah menjangkau 11,7 juta orang (6,4 persen dari target), sementara itu yang sudah menjalani setidaknya satu suntikan ada 20,7 juta orang (11,5 persen dari target). Vaksinasi memang terbukti bisa menekan kasus baru.

Amerika Serikat (AS) adalah salah satu contoh keberhasilan vaksinasi. Kini di AS kasus baru Covid-19 harian ada di sekitar 11-12 ribu. Pada masa puncaknya, AS pernah membukukan 260 ribu kasus baru dalam 24 jam seperti yang terjadi awal Januari 2021.

Per 14 Juni, vaksinasi dua suntikan (genap) telah menjangkau 45 persen populasi di AS, dan 53 persen untuk yang setidaknya telah menerima 1 kali suntikan.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi di Inggris

Inggris juga berhasil mengendalikan Covid-19 dengan vaksinasi. Pada puncaknya, awal Januari 2021, kasus baru mencapai 60.000 per hari. Dengan vaksinasi yang masif, kasus aktif Covid-19 terus susut hingga di bawah 4.000 kasus per hari mulai Maret hingga Mei.

Angka kematian yang pernah 1.250 orang per hari, pun menciut menjadi di bawah 10 orang per hari.Namun, varian Delta berjangkit di Inggris, dan kasus harian pun kembali merambat naik, dan sampai ke level 7,000-an pada pertengahan Juni ini.

Varian ganas itu bisa menyebabkan warga Inggris, yang di pertengahan Juni ini 46 persen telah menerima dosis lengkap vaksin, terinfeksi tapi tidak terlalu parah. Angka kematian yang ditimbulkan tetap di bawah 10 orang per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.