Sukses

Obligasi Ritel SBR010 Dirilis Hari Ini, Begini Cara Belinya

Kementerian Keuangan akan membuka masa penawaran instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN)

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan akan membuka masa penawaran instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN) dengan tingkat kupon mengambang yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR010.

Masa penawaran akan dibuka pada tanggal 21 Juni pukul 09.00 WIB dan akan ditutup 15 Juli 2021 pukul 10.00 WIB. Minimum Pemesanan SBR010 sebesar Rp1.000.000 dan maksimum Pemesanan Rp3 miliar.

Dikutip dari laman resmi DJPPR Kemenkeu, Senin (21/6/2021), pada penerbitan SBR010, kupon yang ditawarkan untuk periode 3 bulan pertama (tanggal 22 Juli 2021 s.d. 10 Oktober 2021) sebesar 5,10 persen, berasal  dari suku bunga acuan yang berlaku pada saat penetapan kupon yaitu sebesar 3,50 persen ditambah  spread tetap 160 bps (1,60 persen).

“Tingkat Kupon berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada Tanggal Penyesuaian Kupon sampai dengan Jatuh Tempo. Penyesuaian Tingkat Kupon didasarkan pada suku bunga acuan ditambah spread tetap 160 bps (1,60 persen). Tingkat kupon sebesar 5,10 persen adalah berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo,” tulis DJPPR.

Adapun proses pemesanan pembelian SBR010 secara online bisa dilakukan melalui 4 tahap yaitu pertama, registrasi/pendaftaran; kedua, pemesanan; ketiga, pembayaran; dan keempat setelmen/konfirmasi.

Nantinya pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelum Lakukan Pemesanan

Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR010 yang dirilis pada Hari ini tanggal 21 Juni 2021.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR010 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 26 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Diantaranya untuk bank umum bisa melalui BCA, Bank Mandiri, BNI, Permata, BRI, Bank Tabungan Negara, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, OCBC NISP, Panin, DBS Indonesia, HSBC Indonesia, UOB Indonesia, Commonwealth, Danamon Indonesia, dan Victoria Internasional.

Bisa juga melalui perusahaan efek, yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, BRI Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Selanjutnya melalui perusahaan financial technology yaitu Bareksa, Investree, Invisee, Tanamduit, Koinworks, dan Modalku. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.