Sandiaga Uno Ingatkan Sektor Pariwisata Baru Bisa Pulih Jika Covid-19 Terkendali

Oleh Athika Rahma pada 20 Jun 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 14:00 WIB
menparekraf sandiaga uno di bali
Perbesar
menparekraf sandiaga uno di bali

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menegaskan jika pariwisata akan kembali pulih jika Covid-19 bisa tertangani.

Dia pun mengingatkan agar seluruh masyarakat Indonesia terus menjaga diri dari Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tak dapat dibantah, Covid-19 yang kini bermutasi menjadi penghambat rencana pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata. Virus ini harus segera dikendalikan dan dilumpuhkan jika sektor pariwisata ingin perlahan bangkit.

"Sektor pariwisata dan ekonomi nasional tidak bisa bangkit sepenuhnya selama angka Covid-19 masih tinggi dan belum terkendali," kata Sandi dalam unggahan video di akun Instagramnya @sandiuno, Minggu (20/6/2021).

Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa pekan ke belakang di Indonesia mestinya menjadi cerminan bahwa kita tidak bisa lagi menawar untuk menerapkan protokol kesehatan, dan sudah seharusnya kita disiplin menjalankannya.

 

Yakin Kembali Pulih

Evaluasi Penerapan CHSE di Tempat Wisata Selama Lebaran, Menparekraf Minta Pengertian Masyarakat
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Press Weekly Briefing, Selasa, 18 Mei 2021. (dok. Biro Humas dan Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Kendati, pihaknya optimis, dengan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, serta berpihak pada mereka yang membutuhkan, ekonomi akan terus bergerak dan Covid-19 akan segera enyah dari bumi pertiwi.

Sandi bilang, dalam rencana pemulihan sektor parekraf di Bali misalnya, pihaknya memang tengah memasuki minggu akhir persiapan pembukaan Bali Kembali.

"Namun sekali lagi, prakondisi dan keputusan ini bergantung pada situasi dan kondisi terkini mengenai Covid-19," kata Sandi.

Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat Bali memanfaatkan teknologi dalam merencanakan pemulihan pariwisata Bali, misalnya adaptasi digital dalam sektor kesehatan.

"Kita juga akan pastikan hadirnya ekonomi yang berkeadilan, dimana lapangan kerja kembali tercipta, serta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit," ujar Sandi.

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓