Efek Fluktuasi Harga Minyak Mentah Dunia Pemerintah Buka Lelang 6 Wilayah Kerja Migas Tahun 2021

Oleh Liputan6.comnofie tessar pada 18 Jun 2021, 14:09 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 14:25 WIB
Dorong Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan, ESDM Ajak Generasi Muda Ikut Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya
Perbesar
(Foto:Dok.Kementerian ESDM)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah kembali membuka lelang Wilayah Kerja Migas setelah vakum di tahun 2020 karena fluktuasi harga minyak mentah dunia dan wabah pandemi Covid-19. Pemerintah telah melakukan upaya-upaya agar lelang Wilayah Kerja semakin menarik dengan perbaikan Terms & Conditions antara lain perbaikan profit split

Kontraktor dengan mempertimbangkan faktor risiko Wilayah Kerja, Signature Bonus terbuka untuk ditawar, FTP menjadi 10%, penerapan harga DMO 100% selama Kontrak, fleksibilitas bentuk kontrak (PSC Cost Recovery atau PSC Gross Split), ketentuan baru relinquishment (tidak ada pengembalian sebagian area di tahun ke-3 kontrak), kemudahan akses Data melalui mekanisme membership Migas Data Repository (MDR) serta pemberian insentif dan fasilitas perpajakan sesuai peraturan yang berlaku.

Pengumuman dilangsungkan secara virtual pada acara Oil & Gas Investment Day Event yang diselenggarakan bersama antara Kementerian ESDM & IPA, hari ini Kamis (17/6) oleh Dirjen Migas Tutuka Ariadji. 

Jumlah Wilayah Kerja yang ditawarkan sebanyak 6 (enam) Wilayah Kerja yang terdiri dari 4 (empat) Wilayah Kerja dengan mekanisme Penawaran Langsung dan 2 (dua) Wilayah Kerja Migas dengan mekanisme Lelang Reguler.

A. 4 (empat) Wilayah Kerja yang ditawarkan dengan mekanisme Penawaran Langsung:

Efek Fluktuasi Harga Minyak Mentah Dunia Pemerintah Buka Lelang 6 Wilayah Kerja Migas Tahun 2021
Perbesar
(Foto:Dok.Kementerian ESDM)

B. 2 (dua) Wilayah Kerja yang ditawarkan dengan mekanisme Lelang Reguler

Efek Fluktuasi Harga Minyak Mentah Dunia Pemerintah Buka Lelang 6 Wilayah Kerja Migas Tahun 2021
Perbesar
(Foto:Dok.Kementerian ESDM)

Pemerintah mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum Komitmen Pasti 3 Tahun, memenuhi syarat dan ketentuan pokok Lelang Wilayah Kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada Lelang Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap I Tahun 2021.

Jadwal dari Lelang WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

A. Penawaran Langsung 

Akses Bid Document: mulai tanggal 17 Juni 2021 s.d. 28 Juli 2021Pemasukan Dokumen Partisipasi: 28 Juli 2021 s.d. 30 Juli 2021. 

B. Lelang Reguler 

Akses Bid Document: mulai tanggal 17 Juni 2021 s.d. 12 Oktober 2021Pemasukan Dokumen Partisipasi: 12 Oktober 2021 s.d. 14 Oktober 2021. 

Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, dapat segera melakukan registrasi dan akses Bid Document melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas

 

(*)

Tag Terkait