Sukses

5 Manfaat Menggunakan Mobile Banking, Yakin Tak Mau Manfaatkan Aplikasinya?

Kamu bisa melakukan penarikan tunai di 18.700 gerai Indomaret yang ada di seluruh Indonesia. Jadi tak perlu lagi repot mencari ATM untuk urusan tarik tunai.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia termasuk dalam urusan perbankan. Berbagai layanan perbankan konvensional mulai beralih seiring dengan pemanfaatan smartphone dan pengembangan digital banking untuk mengakses transaksi keuangan. Setidaknya terdapat tiga layanan perbankan yang bisa diakses melalui smartphone yaitu SMS banking, e-banking dan mobile banking. 

Saat memanfaatkan layanan SMS banking, Anda perlu mengirimkan pesan menggunakan layanan SMS yang tersedia untuk menyambung perintah transaksi dengan dunia perbankan. Biasanya layanan SMS banking memberi kesempatan pengguna untuk mendapatkan informasi saldo, transfer ke rekening lain, dan melakukan pembayaran. Namun, SMS banking kini mendapat tantangan lantaran tak banyak lagi orang yang memanfaatkan layanan SMS untuk berkirim pesan. 

Pada layanan e-banking dan mobile banking, Anda hanya perlu memanfaatkan jaringan internet untuk bisa mengakses berbagai layanan online banking seperti cek saldo, transfer, dan bahkan tarik tunai uang. Meski memanfaatkan jaringan internet, layanan e-banking dan mobile banking termasuk aman karena adanya jaminan dari pihak perbankan. Anda pun bisa memproteksi akun perbankan Anda dengan tetap berhati-hati dan cerdas dalam mengakses layanan. 

Pada layanan e-banking, Anda bisa mengakses layanan perbankan Anda melalui website. Sedangkan pada layanan mobile banking, Anda hanya perlu mengakses perbankan lewat aplikasi yang sudah didownload pada telepon genggam. Menggunakan mobile banking lebih ringkas dibanding e-banking karena tidak lagi membutuhkan token OTP untuk setiap kali transaksi yang dilakukan. 

Belakangan ini, penggunaan mobile banking juga makin diminati lantaran tampilannya yang lebih user friendly. Anda bisa dengan mudah menemukan fitur-fitur yang diperlukan saat akan melakukan transaksi perbankan. 

Hal lain yang tidak kalah penting, Anda bisa merasakan ragam  manfaat saat menggunakan mobile banking dibanding layanan perbankan lainnya. Berikut manfaat menggunakan mobile banking yang bisa Anda rasakan: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Praktis

Penggunaan mobile banking akan membuat urusan perbankan Anda menjadi lebih praktis. Anda tak perlu lagi repot untuk bolak-balik ke bank  atau ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk melakukan berbagai transaksi perbankan. Anda tidak perlu lagi terjebak dalam antrian setiap kali ingin melakukan transaksi perbankan. 

Selain memangkas tenaga dan energi, dengan memanfaatkan layanan mobile banking, Anda juga bisa menghemat waktu. Pemanfaatan teknologi digital membuat Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, pembukaan rekening, pembelian produk investasi dari mana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu. 

 

3 dari 6 halaman

2. Mudah

Sebelumnya,saat ingin melakukan transaksi perbankan, seseorang harus rela datang ke bank dengan mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Sebagai contoh, saat akan mentransfer uang, Anda perlu membawa buku tabungan dan kartu identitas seperti KTP untuk bisa melakukan transaksi. Selain itu Anda juga perlu mengisi formulir transfer yang disediakan pihak bank untuk bisa melakukan transaksi. Tentu saja Anda baru bisa transfer setelah turut masuk dalam antrian untuk bisa mendapatkan layanan kasir atau teller bank. 

Sekarang, dengan adanya mobile banking Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan hanya melalui  telepon genggam. Anda tinggal membuka aplikasi yang sudah diunduh lalu memilih transaksi  perbankan yang diinginkan seperti transfer uang. Layanan transfer uang lewat mobile banking tak hanya bisa dilakukan untuk pengguna bank yang sama tetapi juga bisa transfer antar bank. 

 

4 dari 6 halaman

3. Bebas Biaya

Salah satu keunggulan dari  layanan mobile banking adalah tidak adanya pungutan atau iuran yang dikenakan kepada pengguna  pada saat mengunduh maupun  pendaftaran atau registrasi. Anda juga tidak akan dikenai biaya langganan ataupun biaya bulanan dari pemakaian aplikasi. 

Pihak perbankan biasanya memberikan layanan mobile banking ini secara cuma-cuma untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Selain itu, semakin banyak nasabah yang memanfaatkan layanan mobile banking, maka akan semakin mudah memperkenalkan berbagai produk perbankan mereka melalui fitur-fitur yang ada dalam mobile banking. Harapannya, transaksi perbankan akan lebih meningkat karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

 

5 dari 6 halaman

4. Aman

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan para nasabah dalam menggunakan mobile banking adalah urusan keamanan. Anda tidak perlu khawatir karena pihak perbankan biasanya telah melengkapi setiap aplikasi mobile banking dengan perangkat keamanan berlapis baik melalui jaringan maupun melalui keamanan akses. Anda biasanya akan dibekali dengan password dan PIN untuk akses mobile banking. Karena itu simpanlah password dan PIN Anda dengan aman dan jangan diberitahukan kepada siapapun. 

Selain itu pastikan bahwa Anda selalu mengakses layanan mobile banking melalui jaringan yang aman. Sebisa  mungkin, hindari penggunaan internet gratis atau free wifi di layanan publik untuk mengamankan akun Anda. Jangan pula tergiur dengan berbagai promo dan diskon yang meminta akses perbankan atau identitas pribadi Anda.   

6 dari 6 halaman

5. Bebas Tarik Tunai

Satu lagi manfaat menggunakan mobile banking yang banyak dirasakan nasabah adalah fitur tarik tunai. Tak hanya transfer dan cek saldo, Anda juga  bisa melakukan tarik tunai tanpa perlu datang ke bank. Beberapa mobile banking seperti aplikasi PermataMobile X memberi Anda keleluasaan untuk melakukan tarik tunai melalui ATM dengan memanfaatkan fitur Mobile Cash. 

Bahkan kini, tarik tunai lewat aplikasi PermataMobile X lebih praktis karena nasabah tidak harus datang ke ATM. Anda bisa melakukan penarikan tunai di 18.700 gerai Indomaret yang ada di seluruh Indonesia. Jadi Anda tak perlu lagi repot mencari ATM untuk urusan tarik tunai. Berada di lokasi strategis yang mudah dijangkau, kini mencari Indomaret lebih mudah dibanding mencari ATM. 

Selain lebih praktis , fitur Mobile Cash di Indomaret yang ada di aplikasi PermataMobile X juga membuat Anda tak perlu khawatir bila ketinggalan dompet saat bepergian ke luar rumah. Fitur Mobile Cash pada aplikasi akan mempermudah nasabah menarik uang melalui aplikasi PermataMobile X. 

Anda hanya perlu datang ke kasir dan mengambil uang melalui PermataMobile X. Transaksi menjadi lebih menyenangkan karena Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi dan tidak perlu membawa kartu. Anda tidak akan terbebani uang sepeserpun saat tarik tunai seperti yang biasa dilakukan oleh ATM Bersama. 

Untuk lebih memudahkan Anda, berikut cara menggunakan fitur Mobile Cash dari PermataMobile X: 

  • Kunjungi gerai Indomaret terdekat dan pastikan Anda sudah mengunduh versi terbaru dari aplikasi Permata Mobile X di App Store dan Google Play
  • Login ke PermataMobile X dan pilih  Menu Lainnya. Pilih  Mobile Cash dan pilih  Indomaret, kemudian masukkan nomor ponsel Anda
  • Selanjutnya Anda akan menerima cash code atau token yang bisa Anda berikan ke kasir Indomaret. Transaksi pun berhasil dilakukan

Nah, itu dia 5 manfaat menggunakan mobile banking yang bisa Anda rasakan. Dengan mengunduh aplikasi mobile banking seperti  PermataMobile X berbagai urusan perbankan akan lebih mudah. 

Aplikasi PermataMobile X merupakan terobosan digital banking dari PermataBank yang bertujuan memudahkan segala transaksi perbankan nasabah. Terdapat ratusan fitur yang bisa diakses dalam satu aplikasi mobile banking ini. segala urusan perbankan kini menjadi lebih mudah dan praktis karena PermataMobile X memiliki keunggulan antara lain: 

  • Bisa cek semua akun perbankan yang dimiliki nasabah seperti tabungan, deposito, pinjaman, dan lain sebagainya dalam satu layar
  • Registrasi tabungan, apply kartu kredit, dan ajukan pinjaman KTA, dari genggaman. Mutasi transaksi untuk semua jenis akun hingga 12 bulan
  • Tersedia lebih dari 200 fitur untuk berbagai transaksi perbankan yang akan memudahkan keseharian Anda dalam melakukan ragam transaksi perbankan

Berbagai keuntungan menggunakan mobile banking merupakan fasilitas yang sayang untuk dilewatkan oleh nasabah. Karena itu, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk mendownload aplikasi mobile banking seperti PermataMobile X untuk memudahkan segala urusan. Apalagi sekarang, Anda bisa memanfaatkan fitur Mobile Cash di Indomaret yang memudahkan dalam melakukan tarik tunai tanpa perlu ke ATM dan tanpa perlu membawa kartu debit. 

Dengan mengunduh aplikasi PermataMobile X di smartphone, kini segala urusan perbankan menjadi lebih mudah. Anda bisa tenang karena tak perlu khawatir kehabisan uang tunai. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.