Sukses

Deretan Langkah BI Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Gubernur BI Perry Wajiyo mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut serta dalam mendukung gernas BBI.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) menawarkan kemudahan transaksi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan Quick Response Code Indonesian (QRIS). Selain itu, BI juga memasukkan UMKM dalam platform katalog pengadaan di Bank Indonesia.

Langkah ini merupakan beberapa berkomitmen kuat dari BI dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dinisiasi oleh pemerintah. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dukungan bank sentral diarahkan untuk bagaimana memperluas pemasaran UMKM termasuk memasukkannya di dalam platform digital. Komitmen lain juga ditujukan untuk melalui kemudahan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian (QRIS).

"Lebih dari itu Bank Indonesia telah memasukkan UMKM unggulan dan juga UMKM yang memenuhi persyaratan masuk dalam platform di katalog dalam pengadaan di Bank Indonesia. Inilah dukungan dukungan penuh dari Bank Indonesia," jelas dia dalam acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema “Kilau Digital Permata Flobamora", Jumat (18/6/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajakan BI

Perry juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut serta dalam mendukung gernas BBI. Caranya dengan menggunakan produk-produk UMKM dalam negeri. Dengan begitu, UMKM akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Kita harus terus di depan menggunakan produk-produk UMKM di dalam negeri. Termasuk yang saya pakai ini Saya bangga menggunakan produk UMKM binaan kantor perwakilan Bank Indonesia di NTT dengan kain yang sangat indah tenun yang sangat indah produk unggulan dari NTT," jelasnya.

"Oleh karena itu ayo kita terus tingkatkan membeli produk UMKM dalam negeri khususnya produk NTT yang begitu indah begitu kaya terhadap nilai-nilai budaya dan lebih dari itu jelas akan sangat bagus," lanjut dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.