Sukses

5 Strategi Pertamina Menuju Transisi Energi

Pertamina merupakan pemasok utama energi dalam negeri, yaitu 71 persen dari kebutuhan energi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero), Iman Rachman, mengungkapkan bahwa Pertamina memiliki lima ringkasan rencana bisnis dalam memasuki transisi energi global. Strategi ini mencakup percepatan transisi menuju energi baru terbarukan (EBT) hingga menjaga ketahanan energi dalam negeri.

Rencana pertama Pertamina adalah percepatan transisi energi menuju EBT didorong oleh megatren makro, yaitu urbanisasi, globalisasi, demografi, iklim, perilaku konsumen, industri teknologi 4.0, serta meluasnya permintaan akan carbon credit dan ESG.

Selanjutnya, Iman mengatakan bahwa Pertamina selaras menjadi bagian dari strategi besar energi nasional.

"Kedua, Pertamina telah menjadi bagian dari strategi besar energi nasional, mengakomodir energi transisional melalui penerapan 21 inisiatif strategis yang akan dilaksanakan pada periode 2020-2024 dengan kebutuhan capex sebesar USD 92 miliar untuk mencapai target nilai perusahaan sebesar USD 100 miliar pada tahun 2024," ungkap Iman dikutip dari keterangannya pada Rabu (16/6/201).

Ketiga, kebutuhan energi Indonesia diproyeksikan tumbuh 2,1 persen per tahun hingga 2024. Bauran permintaan energi Indonesia masih bertumpu pada energi fosil tetapi ada peningkatan proporsi EBT.

"Tak bisa dipungkiri bahwa Pertamina merupakan pemasok utama energi dalam negeri, yaitu 71 persen dari kebutuhan energi nasional," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangkan Portofolio

Keempat, Pertamina mengalokasikan sebagian besar investasi untuk energi konvensional dengan alokasi 9 persen untuk EBT.

"Strategi ini selaras dengan belanja capex strategi IOC lainnya di EBT," sambung Iman.

Kelima, mengingat masih adanya peningkatan permintaan konvensional dan EBT, Pertamina telah mengembangkan portofolio energi dengan kelincahan dan fleksibilitas. Selain itu, juga disiplin dalam memastikan pengembalian ekonomi yang wajar, menjaga ketahanan energi dalam negeri, dan memaksimalkan sumber daya dalam negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.