Sukses

Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL, Ini Susunan Lengkapnya

Kementerian BUMN memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengubah nomenklatur dan merombak jabatan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam Surat keputusan tersebut, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat kepada Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Bapak Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Bapak Irianto dan mengukuhkan pemberhentian dengan hormat untuk (Alm) Ibu Etty Soewardani.

Selain itu juga dilakukan pengangkatan kepada Cut Meutia Adrina sebagai Komisaris Independen Perusahaan Perseroan (Persero), Oggy Achmad Kosasih sebagai Direktur Keuangan Manajemen Resiko, Wing Antariksa sebagai Direktur SDM dan Umum, Wilgo Zainar sebagai Direktur Pemasaran.

Kementerian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko yang kini dijabat oleh Oggy Achmad Antariksa. Sementara itu, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan menjadi Direktur Pemasaran yang kini dijabat oleh Wilgo Zainar.

"Atas nama keluarga besar PT PAL Indonesia (Persero) Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas segala transformasi yang diberikan kepada PT PAL Indonesia (Persero) sehingga dapat membawa trend perusahaan positif selama 3 tahun belakangan," ujar Direktur Utama PT PAL Kaharuddin Djenod.

Adapun, susunan Dewan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) per tanggal 15 Juni 2021 adalah sebagai berikut:

Dewan Direksi

- Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang: Direktur Utama

- Oggy Achmad Kosasih: Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko

- Wing Antariksa: Direktur SDM dan Umum

- Wilgo Zainar: Direktur Pemasaran

- Iqbal Fikri: Direktur Produksi

Dewan Komisaris

- Didik Prasetyo: Plt. Komisaris Utama

- Didit Herdiawan: Komisaris Independen

- Harsusanto: Komisaris Independen

- Cut Meutia Adrina: Komisaris Independen

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT PAL Indonesia Kerjasama Perawatan Kapal Perang dengan Swedia

PT PAL Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama terkait perawatan, perbaikan dan pemeriksaan atau maintenance, repair and overhaul (MRO) kapal perang dengan perusahaan swedia, BAE Systems BOFORS AB.

Penandatanganan Teaming Agreement (TA) MRO tersebut difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm pada Kamis (27/5/2021) lalu.

Kesepakatan itu juga turut disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo.

Dalam unggahan via akun Instagram @ambassadorkamapradipta, dia menceritakan proses penandatanganan kerjasama yang dilakukan secara virtual oleh CEO BAE Systems BOFORS AB Lena Gillstrom dan Presiden Direktur PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod.

"Dengan TA MRO ini, maka PT PAL dapat melakukan perbaikan kapal tempur dan patroli yang menggunakan teknologi BOFORS, juga membuka peluang kerjasama transfer teknologi," tulis Kamapradipta, dikutip Sabtu (29/5/2021).

Sebagai informasi, BAE Systems BOFORS AB merupakan perusahaan alat utama sistem senjata (alutsista) Swedia yang sahamnya dimiliki oleh perusahaan alutsista multinasional BAE Systems.

BAE Systems sendiri jadi salah satu perusahaan persenjataan terbesar di dunia, yang kepemilikan sahamnya dipegang oleh Inggris dan Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Rombak Direksi PT Pal Indonesia, Kaharuddin Djenod Jadi Dirut

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak susunan dan nomenklatur direksi PT PAL Indonesia (Persero). Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang sebagai direktur utama perseroan.  

perubahan susunan direksi BUMN di bidang industri pertahanan dan manufaktur yang berkantor pusat di Surabaya ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam Surat keputusan tersebut, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Utama Budiman Saleh. Di samping itu, Direktur Rekayasa Umum dan Harkan Sutrisno beserta Direktur Pembangunan Kapal Bapak Turitan diberhentikan dengan hormat dengan periode masa tugas yang telah usai.

“Jadi kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo Kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan. Kami berharap dengan adanya penunjukan posisi direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global,” ujar Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia Rariya Budi Harta, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (25/4/2021).

Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang ditunjuk sebagai Direktur Utama melalui Surat Keputusan yang disampaikan oleh Plh. Asisten Deputi Bidang Industri Pertahanan dan Manufaktur Abdi Mustakim. Penunjukan tersebut dilaksanakan secara daring dari Kantor Pusat Kementrian BUMN dan kantor pusat PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama menyampaikan tantangan ke depan yang dihadapi PAL adalah kesiapan menyembut era industri 4.0 dan Beliau berharap agar PAL dapat selalu membawa kontribusi yang terbaik kepada negara.

Kementrian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan, dan Perbaikan menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan yang kini dijabat oleh Kuntjoro Pinardi.

Sementara itu, nomenklatur Direktur Pembangunan Kapal dirubah menjadi Direktur Produksi, yang kini dijabat Iqbal Fikri.

Sekretaris Perusahaan menambahkan, atas nama keluarga besar PT PAL Indonesia, Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas dedikasi untuk memberikan kontribusi dan integritas yang tinggi sehingga dapat membawa perusahaan trend positif selama tiga tahun belakangan.” jelas dia. 

Susunan Dewan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) per tanggal 21 April 2021 adalah sebagai berikut:

- Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang : Direktur Utama

- Kuntjoro Pinardi : Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan

- Iqbal Fikri : Direktur Produksi

- Irianto : Direktur Keuangan

- Etty Soewardani : Direktur SDM & Umum.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.