Sandiaga Uno: Covid-19 jadi Kesempatan Tingkatkan Kualitas Pariwisata Nasional

Oleh Liputan6.com pada 14 Jun 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 19:15 WIB
Sandiaga Uno dan Pelaku UMKM Bali
Perbesar
Sandiaga Uno dan Pelaku UMKM Bali

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini merupakan wakti yang tepat untuk meningkatkan kualitas pariwisata nasional. Salah satunya lewat peningkatan kualitas SDM masyarakat dengan hadirnya politeknik pariwisata.

"Politeknik pariwisata ini untuk meningkatkan dari kesiapan pelaku dan juga ekosistem ekonomi kreatif," kata Sandiaga di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Sandiaga mengatakan peningkatan peningkatan SDM ini harus dilakukan secara bertahap. Saat ini minat masyarakat terhadap industri pariwisata lewat pendidikan cukup tinggi .

"Minat mahasiswa baru di pendidikan tinggi pariwisata cukup tinggi," kata dia.

Bahkan sejak awal tahun pendidikan tinggi negeri pariwisata sudah membuka seleksi bersama pada 1 Februari - 27 Mei 2021. Dalam seleksi bersama ini ditargetkan untuk menerima 3.750 mahasiswa baru.

Sandiaga mengatakan proses seleksi bersama ini telah dilakukan dengan menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Begitu juga dengan proses magang mahasiswa tetap bisa dilakukan dengan menyesuaikan keadaan.

"Selama pandemi prosesnya tetap berjalan dengan menyesuaikan keadaan," kata Sandiaga Uno..

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jadi Kapan Nih Bali Terbuka untuk Turis Asing?

Tempat Wisata Terindah di Indonesia
Perbesar
Bali (Sumber: Pixabay)

Pemerintah saat ini masih melakukan finalisasi sektor pariwisata terkait persiapan pembukaan travel bubble antara Indonesia dengan sejumlah negara. Berbagai persiapan dilakukan ini nantinya akan diuji coba terlebih dahulu untuk dilakukan evaluasi.

"Travel bubble ini terus difinalisasi dan kita bisa jadikan Bali sebagai uji coba," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Sandiaga mengatakan finalisasi tengah dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri. Sehingga saat ini prosesnya masih berlangsung di kementerian pimpinan Retno Marsudi itu.

Kepala Biro Komunikasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, hasil finalisasi ini nanti akan diumumkan langsung oleh Kementerian Luar Negeri. Mulai dari persyaratan turis asing yang boleh masuk, hingga evaluasi yang akan dilakukan selama masa percobaan di Bali.

"Kementerian/lembaga ini sudah terus finalisasi persyaratan turis yang mau masuk dan lain sebagainya," kata dia.

Terpenting, kata Vinsensius pembukaan pariwisata di Bali untuk wisatawan asing masih dalam tahapan uji coba. Selama masa uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi secara bertahap untuk memperbaiki sistem agar ketika saatnya dibuka secara umum, Bali sudah siap.

"Pembukaan bertahap di Bali itu pilot project dan akan dievaluasi apakah itu mingguan atau harian," kata Sandiaga Uno mengakhiri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓