Pusing Cari Modal? Tiru Saja 6 Cara Dapat Uang untuk Memulai Bisnis

Oleh Tira Santia pada 15 Jun 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis
Perbesar
Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis. Kredit: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Saat ingin memulai bisnis, Anda membutuhkan uang. Mungkin tidak banyak uang, karena beberapa bisnis dapat dijalankan dari kantor rumahan yang sederhana, tetapi Anda tetap memerlukan pondasi pelengkap, seperti komputer dan koneksi internet.

Setelah Anda memilikinya, ada banyak ruang untuk menyiapkan dan memulai operasi kecil. Dan siapa tahu, mungkin tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk tumbuh dan berkembang.

Jadi bagaimana cara Anda menghasilkan uang untuk modal berbisnis? Mengutip laman Entrepreneur.com, Selasa (15/6/2021), berikut enam cara menghasilkan lebih banyak uang untuk memulai bisnis:

1. Jual barang di garasi tidak terpakai

Anda mungkin berpikir semua yang dimiliki hanyalah sampah. Tapi pikirkan lagi! Anda akan terkejut dengan apa yang akan dibeli orang jika harganya tepat.

Lihatlah sekeliling rumah Anda, di gudang, di garasi dan lihat apa yang dimiliki yang tidak Anda butuhkan atau inginkan.

Kumpulkan semuanya dan iklankan garage sale di media sosial. Sepeda tua, piringan hitam, CD, buku, mainan tak terpakai; semua ini akan terjual, jadi tunggu apa lagi? Dapatkan penjualan sekarang dan lihat berapa banyak yang dapat Anda hasilkan.

2. Jual perangkat teknologi yang tidak dibutuhkan

Semua orang menyukai gadget yang bagus, tetapi berapa banyak yang gadget yang Anda miliki yang tidak digunakan?

Ketika Anda meng-upgrade ponsel, misalnya, apa yang terjadi dengan yang lama? Kebanyakan orang hanya menaruhnya di laci.

Mengapa tidak menjual ponsel dan tablet lama Anda? Anda bahkan mungkin ingin menjual ponsel dan membeli yang lebih murah saat Anda mengumpulkan dana untuk bisnis tersebut. Teknologi apa pun yang Anda miliki, tidak peduli berapa usianya, itu bernilai uang bagi seseorang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Temukan investor

Jurusan Akuntansi dan Ekonomi Bisnis
Perbesar
Ilustrasi Jurusan Akuntansi Credit: pexels.com/Bongkarn

Di sini kita tidak berbicara tentang investor besar, meskipun jika Anda memiliki akses ke beberapa orang, itu layak untuk dilihat. Kita berbicara tentang orang-orang di lingkaran Anda yang mungkin ingin membantu Anda.

Beberapa rupiah dari sana-sini bertambah, dan Anda dapat menawarkan teman dan keluarga kesempatan untuk berinvestasi dan mendapat imbalan ketika bisnis menjadi sukses. Mulai dari yang kecil dan berani. Seseorang akan ada yang membantu Anda.

4. Jual Kendaraan

Apakah Anda benar-benar membutuhkan mobil besar dan mewah yang Anda kendarai? Kita semua suka memiliki satu set roda yang bagus, tetapi ketika Anda mencoba menghemat uang, itu menjadi aset yang berharga.

Jual mobil Anda dan beli model yang lebih murah saat Anda bekerja untuk mendirikan bisnis. Anda bahkan mungkin menemukan kesepakatan sewa bisnis yang menghemat uang Anda. Setelah bisnis Anda berjalan, Anda dapat mencari mobil yang lebih baik, yang sesuai dengan pemilik bisnis yang sukses!

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Ikuti survei

Ilustrasi bisnis
Perbesar
Ilustrasi bisnis kreatif (sumber: Pixabay)

Ini adalah cara menghasilkan beberapa rupiah di sana-sini di waktu luang Anda. Abaikan uraian yang memberitahu Anda bahwa ada banyak uang yang dapat dihasilkan dengan mengikuti survei online; itu tidak benar.

Namun, ada sejumlah uang yang harus dihasilkan. Yang Anda lakukan hanyalah mendaftar ke salah satu situs survei di internet dan mulai mengikuti survei yang ditawarkan.

6. Pekerjaan online berbayar

Keterampilan apa yang Anda miliki yang dapat dimanfaatkan orang lain? Bisakah Anda menulis email yang cepat, atau Anda mahir dalam desain? Mungkin Anda memiliki keterampilan layanan pelanggan atau dapat mengedit teks? Semua ini dan banyak lagi dicari di dunia kerja lepas atau freelance.

Gunakan keahlian Anda dengan mempekerjakan diri Anda untuk bisnis yang mungkin membutuhkan keahlian Anda. Masukkan uang itu ke dalam dana bisnis Anda.

Di atas adalah semua cara di mana Anda dapat menghasilkan uang tanpa banyak usaha. Mulailah mengumpulkan dana yang akan memungkinkan untuk memulai bisnis Anda dengan benar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya