Sukses

5 Orang Terkaya Dunia yang Dikenal Super Hemat, Makan di Kafetaria hingga Berkaos

Alih-alih bergaya bak orang super kaya, para orang terkaya dunia ini dikenal sangat super hemat.

Liputan6.com, Jakarta Berhemat disebut jadi salah satu langkah membangun kekayaan. Tapi bagaimana jadinya ketika sudah menjadi miliarder, para orang terkaya masih tetap menerapkan sikap berhemat dalam kehidupannya sehari-hari.

Alih-alih bergaya bak orang super kaya, para orang terkaya dunia ini tetap memakai T-shirt dan jeans, mengendarai Toyota atau Volkswagen. Bahkan ada yang enggan memiliki jet pribadi atau rumah mewah.

Beberapa orang terkaya di dunia ini dikenal sebagai sosok yang sangat hemat. Meski demikian ada dari mereka dikenal sebagai filantropis.

Melansir laman Inc.com, Senin (14/6/2021), berikut 5  miliarder atau orang terkaya dunia yang dikenal sangat hemat. Siapa saja?

1. Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway

Buffett diketahui masih tinggal di rumah yang sama yang dibeli seharga USD 31.500 pada 1958. The "Oracle of Omaha" adalah salah satu miliarder yang dikenal paling bijaksana dan paling hemat.

Terlepas dari statusnya sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dia masih tinggal di rumah sederhana yang sama yang dia beli seharga USD 31.500 pada tahun 1958.

Dia bahkan tidak membawa ponsel atau komputer di mejanya, menurut biografinya di 2009. Diceritakan jika ketika temannya selama 25 tahun, Bill Gates, mengunjungi Omaha, Buffett sendiri yang menjemput Gates dari bandara.

Buffett juga memiliki selera biasa saja. Dikenal tidak hanya berinvestasi pada perusahaan makanan cepat saji seperti Burger King, Dairy Queen, dan Coca-Cola, tetapi dia juga menyukai makanan ini. Diet menu Buffett mencakup lima Coke sehari, serta Cheetos dan keripik kentang.

Pada rapat pemegang saham tahunan pada tahun 2014, Buffett menjelaskan bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi oleh jumlah uang yang dimilikinya:

"Hidup saya tidak bisa lebih bahagia. Bahkan, akan lebih buruk jika saya memiliki enam atau delapan rumah. Jadi, saya memiliki semua yang saya butuhkan, dan saya tidak membutuhkannya lagi karena tidak membuat perbedaan setelah satu poin."

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook

Dia mengendarai hatchback Volkswagen transmisi manual. Terlepas dari statusnya sebagai salah satu maestro teknologi terkaya di dunia, Mark Zuckerberg menjalani gaya hidup sederhana dengan istrinya Priscilla Chan.

Pendiri Facebook ini tidak malu-malu hanya memakai T-shirt sederhana, hoodie, dan jeans. "Saya benar-benar ingin membuat hidup saya mudah, dengan membuat keputusan sesedikit mungkin tentang apa pun kecuali cara terbaik untuk melayani komunitas ini," kata Zuckerberg.

Jebakan kekayaan tidak pernah membuat pria ini terkesan. Dia bahkan pada Desember 2015 mengumumkan akan menyumbangkan 99 persen saham Facebook-nya selama hidupnya.

Zuckerberg terlihat sedang menikmati McDonald's tak lama setelah menikahi Chan pada 2012 di halaman belakang rumah mereka di Palo Alto yang bernilai USD 7 juta. Nilai rumah yang kecil dibandingkan nilai pasar di perumahan tersbebut.

Kemudian pada tahun 2014, ia menukarAcura seharga USD 30.000 untuk hatchback Volkswagen transmisi manual.

 

3 dari 5 halaman

3. Carlos Slim Hel, Pendiri Grupo Carso

Dia tinggal di rumah dengan enam kamar tidur yang sama selama lebih dari 40 tahun. Alih-alih menghabiskan kekayaannya untuk barang-barang mewah, Carlos Slim menyalurkan miliaran dolar untuk membangun ekonomi dan berbagai perusahaannya.

Dia pernah mengatakan jika kekayaan itu seperti kebun karena "apa yang harus Anda lakukan adalah membuatnya tumbuh, menginvestasikan kembali untuk membuatnya lebih besar, atau melakukan diversifikasi ke area lain."

Pria berusia 76 tahun itu sejauh ini adalah orang terkaya di Meksiko, tetapi ia melupakan kemewahan seperti jet pribadi dan kapal pesiar. Dia diketahui masih mengendarai Mercedes-Benz tua.

Pengusaha ini juga diketahui tinggal di rumah dengan enam kamar tidur yang sama di Meksiko selama lebih dari 40 tahun. Secara rutin menikmati berbagi makanan rumahan dengan anak dan cucunya.

 

4 dari 5 halaman

4. Charlie Ergen, ketua Dish Network

Dia masih membawa makan siang sendiri setiap hari. Charlie Ergen adalah pemimpin bisnis yang terkenal hemat, meski sebenarnya memiliki kekayaan berlimpah.

Ergen mengatakan bahwa sikap hematnya dipengaruhi masa kecil sang ibu. "Ibuku dibesarkan saat masa Depresi," katanya kepada Financial Times. 

Miliarder mandiri itu mengemas makan siang sandwich dan Gatorade sebelum bekerja setiap hari dan, hingga saat ini, ia berbagi kamar hotel dengan rekan-rekannya selama perjalanan.

 

5 dari 5 halaman

5. Amancio Ortega, Pendiri Inditex

Kesederhanaan Amancio Ortega diketahui masih makan siang bersama karyawannya di kafetaria di kantor pusat Zara.

Pendiri Zara ini dinobatkan masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, tetapi itu mungkin tidak akan mengubah kebiasaan belanja pribadinya.

Ortega telah menjalani kehidupan yang sangat tertutup selama bertahun-tahun, sering kali menyendiri di apartemen miliknya di La Coruña, Spanyol, bersama sang istri. Diketahui sering mengunjungi kedai kopi yang sama.

Seperti miliarder dunia Mark Zuckerberg, raja mode Spanyol ini tampak sering terlihat hanya memakai blazer biru, kemeja putih, dan celana abu-abu setiap hari.

Meski ada yang mengatakan dia tidak boleh dianggap orang "hemat" mengingat kepemilikannya atas jet pribadi Bombardier senilai USD 45 juta. Tetapi dia tidak sering bepergian karena dia terlalu sibuk bekerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.