Sukses

Pemerintah Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis bagi 10 Ribu Pelaut dan Pekerja Pelabuhan

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di pelabuhan Tanjung Priok menargetkan 10 ribu orang yang dan maksimal untuk 1.000 orang setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan program vaksinasi Covid 19 secara gratis kepada para petugas pelayanan transportasi publik termasuk para pelaut. Vaksinasi ini bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta mulai tanggal 10 sampai dengan 18 Juni 2021.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini dilakukan menjelang Hari Pelaut Sedunia yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2021. Dengan mengusung tagline "Indonesian Heroes (Healthy and Ready Onboard Seafarers), Vaksinasi Massal yang dilakukan di simpul-simpul transportasi khususnya di pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami sangat bersyukur para pelaut, para insan atau masyarakat maritim di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok bisa mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan vaksinasi. Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Kesehatan yang telah memberikan perhatian yang luar biasa bagi para pekerja transportasi termasuk para pelaut,” kata Capt Wisnu, dalam keterangan tertulis, Minggu (13/6/2021).

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut menargetkan 10 ribu orang yang dan maksimal untuk 1.000 orang setiap harinya dimulai pada pukul 08.00 pagi sampai 15.00 sore. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Pada kegiatan vaksinasi ini, kami menargetkan 10 ribu orang yang dijadwalkan mulai dari tanggal 10 sampai dengan 18 Juni mendatang. Apabila pada tanggal tersebut belum sesuai dengan target, maka kami akan perpanjang waktu agar mencapai target,” ujar Capt Wisnu.

Menurutnya, sangat penting vaksinasi dalam mendukung kegiatan pelayanan kepelabuhanan dan transportasi laut baik logistik maupun penumpang untuk memberikan perlindungan dari resiko penyebaran Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas

Adapun kegiatan vaksinasi ini diprioritaskan kepada para Pelaut, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), Supir Truk, Penumpang Kapal, pekerja pelabuhan, serta masyarakat sekitar pelabuhan Tanjung Priok.

“Bagi para pimpinan perusahaan, operator terminal, trucking dan pelayaran supaya memastikan bahwa karyawannya telah mendaftar untuk mengikuti vaksinasi massal covid 19 ini,” tegasnya.

Adapun lokasi dan ruang tunggu yang disiapkan dengan mempertimbangkan akan hadir kurang lebih 1.500 orang per harinya dan selalu dijaga oleh petugas pengamanan bersama.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak baik Instansi Pemerintah maupun Stakeholders yang telah berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.