Sukses

Top 3: Gaji PNS Bakal Naik, Besarannya Bikin Penasaran

Artikel mengenai rencana kenaikan gahi PNS ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah merumuskan kebijakan perhitungan gaji PNS yang baru, yang disinyalir akan naik. Perubahan ini sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun demikian, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menyebutkan, sejauh ini besaran gaji PNS yang baru nantinya belum bisa diukur secara lebih pasti.

Artikel mengenai rencana kenaikan gahi PNS ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu 13 Juni 2021:

1. Gaji PNS Bakal Naik, Berapa Besarnya?

Pemerintah tengah merumuskan kebijakan perhitungan gaji PNS yang baru, yang disinyalir akan naik. Perubahan ini sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun demikian, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menyebutkan, sejauh ini besaran gaji PNS yang baru nantinya belum bisa diukur secara lebih pasti.

"Itu baru dibahas formula penggajian ke depan, belum dibahas mengenai besarannya. Masih jauh untuk sampai ke sana," kata Paryono kepada Liputan6.com, Sabtu (12/6/2021).

Adapun perubahan skema pangkat dan gaji PNS ini telah dipikirkan sejak 2020 lalu. Reformasi sistem pangkat PNS pada prinsipnya selaras dengan mandat UU ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, sebagaimana telah dibuah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020.

Baca artikel selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kilang Cilacap Sudah Beberapa Kali Kebakaran, Simak Catatannya

Kilang Cilacap, Jawa Tengah milik Pertamina kebakaran pada Jumat (11/6/2021) malam, pada tangkin yang berisi benzene. Sebelumnya fasilitas pengolahan minyak tersebut pun pernah mengalami peristiwa serupa.

Simak catatan Liputan6.com atas terbakarnya Kilang Cilacap:

Berdasarkan catatan Liputan6.com, Kilang Cilacap sempat mengalami kebakaran pada Oktober 2016, tepatnya pada tangki aspal yang sedang dalam perbaikan.

Rachmad Hardadi yang saat itu menjabat sebagai Direktur Pengolahan Pertamina mengungkapkan, tangki aspal yang terbakar tersebut sedang dalam perbaikan, ‎aspal telah dikosongkan dari tangki berukuran 1500 ton dengan tinggi 16 meter. Namun, karena ada percikan, membakar aspal sisa yang mengendap.

‎Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Jokowi Ungkap Istimewanya Proyek Tol Semarang-Demak, Apa Itu?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi 2 yang berada di Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021). Kehadiran jalan tol yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang tersebut diharapkan akan mendukung pertumbuhan pusat ekonomi baru di Jawa Tengah.

"Proyek Tol Semarang-Demak merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Jawa koridor Pantura. Koridor ini akan menghubungan Semarang, Demak, Tuban, dan Gresik, sedangkan untuk ruas Gresik-Surabaya sudah terhubung dan beroperasi," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Menurut dia, jalan tol ini diproyeksikan akan mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan di kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani yang kerap macet.

"Keistimewaan Jalan Tol Semarang-Demak adalah multifungsi, selain untuk meningkatkan konektivitas, juga berfungsi sebagai pengendalian banjir rob," ujar Jokowi.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.