Sukses

Menko Airlangga: Indonesia Akan Keluar dari Resesi Kuartal II-2021

Indonesia diprediksi akan keluar dari resesi pada kuartal II 2021. Kunci utama untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali positif yaitu kesuksesan program vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia diprediksi akan keluar dari resesi pada kuartal II 2021. Kunci utama untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali positif yaitu kesuksesan program vaksinasi.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyaksikan vaksinasi karyawan di kawasan industri Batam.

"Di kuartal II-2021 pertumbuhan ekonomi akan positif. Tentu dengan itu kita keluar dari resesi ekonomi," ucap Airlangga di Batam, Sabtu (12/6/2021).

Diakuinya, dalam beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 di Indonesia terus naik. Hal ini sebagai imbas dari musim libur Lebaran. Namun demikian, hal ini justru menjadi semangat pemerintah untuk lebih gencar menjalankan vaksinasi.

"Untuk sektor industri itu ada 20 ribu vaksin per hari, termasuk yang dilaksanakan di Batam. Batam menjadi kunci bangkitnya ekonomi selain Bali yang juga menjadi percontohan," tegasnya.

Untuk menyambut bangkitnya ekonomi Indonesia, pemerintah juga sudah menyiapkan travel corridor arrangement. Dimana ini menjadi perjanjian dengan berbagai negara untuk mulai bisa menerima wisatawan dari luar negeri. Tentunya ada syarat, yaitu sebanyak 70 persen penduduk telah divaksinasi.

Untuk Provinsi Kepulauan Riau, Bali dan Jakarta diharapkan menjadi wilayah paling cepat mencapai herd immunity. Hal ini dikarenakan tiga wilayah tersebut bakal menjadi penopang pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sektor pariwisata.

"Pemerintah mendorong agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita harus lawan. Lawannya adalah kedisiplinan kita," tegas Airlangga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Vaksinasi di Batam

Sementara itu di kesempatan yang sama, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengungkapkan, di wilayahnya, sudah ada 228.690 orang yang sudah menjalani vaksinasi. Untuk mencapai herd immunity, setidaknya 1,4 juta warga Kepri harus sudah divaksin.

"Karena akselerasi vaksinasi kita belakangan, baru mulai Maret, tapi kita akan terus kejar berkat bantuan langsung dari Pak Menteri," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.